//

KENDALA GURU MATEMATIKA TERHADAP PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FATMA ELIZA NASUTION - Personal Name
SubjectTEACHERS
CURRICULUMS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Kendala Guru, Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 Kurikulum 2013 mulai diterapkan pada tahun 2013, namun sekarang tidak semua sekolah menerapkan kurikulum 2013, ada sekolah yang kembali ke KTSP dan ada juga sekolah yang masih menerapkan kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013 terdapat penilaian autentik. Penilaian autentik dalam implementasi kurikulum 2013 mengacu kepada standar penilaian yang terdiri dari penilaian sikap, penilaian pengetahuan, penilaian keterampilan. Banyak tata cara yang harus dilakukan guru saat melaksanakan penilaian autentik, dan juga banyaknya berita yang mengabarkan keluhan guru terhadap kurikulum 2013. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah guru ada melakukan penilaian autentik pada kurikulum 2013, apakah guru mengalami kesulitan saat melakukan penilaian autentik pada kurikulum 2013 dan apa yang menjadi kedala guru saat melakukan penilaian autentik serta bagaimana tanggapan guru terhadap penilaian autentik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh melalui angket dan wawancara pada subjek penelitian adalah guru matematika di 3 SMA Negeri Meulaboh yang berjumlah 11 orang. Analisis data dilakukan dengn penyajian data dan verifikasi. Dari hasil analisis data angket dan wawancara diperoleh bahwa: 1) Guru SMA Negeri Kota Meulaboh ada melakukan pelaksanaan penilaian autentik 2) Guru matematika SMA Negeri Kota Meulaboh masih mengalami kesulitan dalam melakukan pelaksanaan penilaian autentik pada kurikulum 2013 3) Kendala penilaian autentik terbanyak diSMA Negeri Kota Meulaboh adalah karena guru matematika SMA Negeri Kota Meulaboh belum terlalu memahami tata cara dan prosedur melakukan pelaksanaan penilaian autentik 4) Guru matematika diSMA Negeri Meulaboh belum semua setuju dengan tata cara pelaksanaan penilaian autentik pada kurikulum 2013. Dengan demikian dapat disimpulkan guru matematika SMA Negeri Kota Meulaboh masih mengalami kendala dalam melaksanakan penilaian autentik kurikulum 2013.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KENDALA GURU PADA PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN EKSPONEN DAN LOGARITMA DI KELAS X SMA NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 (Siti Maghfirah, 2015)

ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 OLEH GURU KIMIA DI SMA NEGERI BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017 (Zulfathur Rifka, 2017)

PENGGUNAAN PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI GUGUS BUNGONG MEULUE BANDA ACEH (Nur Ismianti, 2014)

KENDALA GURU DALAM PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD NEGERI 1 LAMBHEU ACEH BESAR (IMAM MAULIANDA, 2018)

PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD GUGUS MARKISA KOTA BANDA ACEH (Nurmutiya, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy