//

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nadya Syahana - Personal Name
SubjectRENAL FAILURE - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Nadya Syahana Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Gambaran Serostomia pada Penderita Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Terapi Hemodialisis di RSUDZA Banda Aceh Serostomia merupakan salah satu manifestasi oral dari penyakit gagal ginjal kronik yang dapat menimbulkan permasalahan, diantaranya kesulitan pengunyahan, penelanan, pengecapan, dan berbicara, sehingga terjadi penurunan kualitas hidup, serta meningkatkan risiko terjadinya penyakit mulut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran serostomia dan peran jenis kelamin, usia, lama menjalani terapi hemodialisis, medikasi, merokok dan penyebab penyakit gagal ginjal kronik. Penelitian deskriptif cross-sectional secara purposive sampling ini melibatkan 107 penderita gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisis di Instalasi Dialisis RSUDZA Banda Aceh. Kuisioner modifikasi Fox dkk (1987) dan Pai dkk (2001) digunakan untuk penilaian serostomia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek paling banyak mengalami serostomia (94,4%) dengan derajat keparahan serostomia berat terbanyak (48,6%), serostomia berat ditemukan pada subjek berjenis kelamin perempuan (50,0%), paling banyak pada kelompok usia 60-69 tahun (63,6%), subjek yang menjalani terapi hemodialisis > 6 tahun (66,7%), subjek yang mengkonsumsi obat antihipertensi (49,4%), dan subjek dengan penyebab gagal ginjal kronik nefropati hipertensi (47,5%). Disimpulkan bahwa pada umumnya penderita gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisis di RSUDZA Banda Aceh mengalami serostomia (94,4%) dengan derajat keparahan terbanyak adalah serostomia berat (48,6%). Kata kunci: serostomia, gagal ginjal kronik, hemodialisis

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN LAJU ALIRAN SALIVA PADA PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Yuriza, 2015)

GAMBARAN GINGIVITIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS (KAJIAN DI INSTALASI HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (PUTRI SRI WAHYUNI, 2016)

HUBUNGAN DIABETES MELLITUS DAN NON DIABETES MELLITUS DENGAN SURVIVAL RATE PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH PERIODE 2011-2015 (Nurul Fitria, 2017)

PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH BERDASARKAN JENIS KELAMIN (Maya Zahara, 2015)

HUBUNGAN LAMANYA MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN GAMBARAN KARDIOMEGALI PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Muhammad Arigi Badar, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy