//

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNDTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 PULO ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fatimah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning(CTL), Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. (2) Mengetahui aktifitas guru dan siswa pada proses belajar mengajar. (3) mengetahui kemampuan guru mengelola kelas dalam pembelajaran (4) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 20 orang. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP negeri 1 pulo aceh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan pengelolaaan pembelajaran dan lembar respon siswa terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penggunaan contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VII SMP Negeri 1 Pulo Aceh. Pada siklus I ketuntasan individual 75% dan ketuntasan klasikal 50%. Pada siklus II ketuntasan siswa secara individual 90% dan ketuntasan klasikal 90%. (2) Aktivitas guru dan siswa dalam penggunaan Contextual Teaching and Learning(CTL)telah meningkatkan aktivitas siswa dalam bekerja sama dalam melakukan diskusi, bekerja sama dalam menyelesaikan lembar kerja siswa dan mempersentasikan hasil diskusi. Hal ini telah mencerminkan bahwa penggunaan Contextual Teaching and Learning lebih terpusat pada siswa. (3) Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru juga terlihat peningkatan yaitu pada siklus I 2,94 dan siklus II 3,66 (4) Respon siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar fisika dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) pada mata pelajaran fisika dari 20 orang siswa 95% siswa menyenangi kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning(CTL), dan Contextual Teaching and Learning(CTL) dapat dilaksanakan untuk pembelajaran dimasa yang akan datang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE OVERVIEW OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH FOR RNELEMENTARY SCHOOL LEVEL RN(A LIBRARY RESEARCH) (Fajrinur, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNDTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 PULO ACEH (Fatimah, 2015)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

THE APPLICATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) APPROACH IN TEACHING READING( A DESCRIPTIVE RESEARCH AT MAN MODEL BANDA ACEH ) (Julia Rizki, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SDN 33 BANDA ACEH (Fatimah Wati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy