//

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS II SD NEGERI LAMREUNG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang safrita - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
STUDY METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, operasi hitung campuran Penelitian ini berjudul ”Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division pada Operasi Hitung Campuran di Kelas II SD Negeri Lamreung”. Penelitian ini mengangkat masalah apakah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi operasi hitung campuran melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas II SD Negeri Lamreung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa pada materi operasi hitung campuran melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas II SD Negeri Lamreung. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian digolongkan dalam penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Lamreung, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IIa dan IIb, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIb yang berjumlah 25 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes. Tes dilakukan satu kali yaitu sesudah eksperimen atau perlakuan, tes hasil belajar diberikan pada akhir pertemuan setelah dilaksanakan proses belajar mengajar melalui penerapan kooperatif tipe STAD. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata- rata hasil belajar siswa pada materi operasi hitung campuran melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas II SD Negeri Lamreung adalah 81,76. Harga ttabel = 2,06 sedangkan thitung = 8,34. Jadi thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan terjadi penerimaan terhadap H1 yaitu siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi operasi hitung campuran melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas II SD Negeri Lamreung. Disarankan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD perlu dilakukan dengan melibatkan materi matematika yang lain dengan melibatkan sampel yang lebih luas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN STAD PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ARDIAN, 2014)

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH DI KELAS IV SD NEGERI 5 BANDA ACEH (RAHMI, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE STAD PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Zakiah Rahmi, 2014)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) DI KELAS VII SMP FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (Dovran Abdyrahmanov, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)DI SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA (INDAH KHAIRANI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy