//

ANALISIS DISTRIBUSI DAN TINGKAT KESULITAN BUTIR SOAL KEBAHASAAN RANAH KOGNITIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAKENGON

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang harfiandi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Harfiandi. 2014. Analisis Distribusi dan Tingkat Kesulitan Butir Soal Kebahasaan Ranah Kognitif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 1 Takengon. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (1) Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd., Pembimbing (2) Prof. Dr. A. Halim Majid, M.Pd. Kata Kunci: analisis, distribusi ranah kognitif, dan tingkat kesulitan ranah kognitif. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan distribusi butir soal kebahasaan ranah kognitif pada ujian semester genap tahun ajaran 2013/2014 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Takengon dan (2) untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan butir soal kebahasaan ranah kognitif pada ujian semester genap tahun ajaran 2013/2014 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Takengon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) distribusi butir soal kebahasaan ranah kognitif pada ujian semester genap tahun ajaran 2013/2014 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Takengon terdapat beberapa tingkatan, yaitu butir soal tingkat C1 yang mencapai 54% tergolong tidak seimbang, tingkat C2 yang mencapai 23% tergolong tidak seimbang, tingkat C3 yang mencapai 17% tergolong tidak seimbang, dan tingkat C4 yang mencapai 6% tergolong tidak seimbang dan (2) tingkat kesulitan butir soal kebahasaan ranah kognitif pada ujian semester genap tahun ajaran 2013/2014 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Takengon terdapat taraf kesulitan, yaitu butir soal kategori mudah yang mencapai 57% tergolong tidak seimbang, kategori sedang yang mencapai 37% tergolong tidak seimbang, dan kategori sulit yang mencapai 6% tergolong tidak seimbang. Dari hasil penelitian, terbukti bahwa (1) distribusi butir soal kebahasaan ranah kognitif tidak seimbang dengan perimbangan proporsi persentase untuk siswa tingkat SMP dan (2) tingkat kesulitan butir soal kebahasaan ranah kognitif juga tidak seimbang dengan proporsi persentase untuk jumlah soal. Jadi, penilaian distribusi dan tingkat kesulitan butir soal kebahasaan ranah kognitif pada ujian semester genap tahun ajaran 2013/2014 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Takengon masih memerlukan penyesuaian pada masa yang akan datang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUASAAN KOSAKATA BAKU BAHASA INDONESIARNSISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 TAKENGONRNACEH TENGAH (mulyadi, 2014)

PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (SRI YULIANI, 2015)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BENTUK SOAL CERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Parni, 2015)

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Ernawati, 2014)

KUALITAS TES UJIAN TENGAH SEMESTER BUATAN GURU MATEMATIKARNDI KELAS VII DAN VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEHRNTAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 (Zulfayana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy