//

HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MATEMATIKA (MATH ANXIETY) DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNSYIAH TAHUN AJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desy - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
LEARNING ACHIEVEMENT
ANXIETY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Prestasi Belajar Kecemasan matematika merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi prestasi belajar matematika siswa. Kecemasan matematika dalam tingkatan normal akan membantu siswa dalam belajar. Namun jika siswa mengalami kecemasan matematika yang berlebihan maka akan menyebabkan rendahnya prestasi belajar matematika. Siswa dengan kecemasan matematika rendah akan memiliki prestasi belajar matematika yang tinggi. Sebaliknya siswa dengan kecemasan tinggi akan memiliki prestasi yang lebih rendah. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian terhadap siswa kelas X SMA Laboratorium Unsyiah dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan matematika dengan prestasi belajar matematika siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang negatif antara kecemasan matematika dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Laboratorium Unsyiah tahun ajaran 2013/2014. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pembagian angket dan tes prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Laboratorium Unsyiah tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X IA SMA Laboratorium Unsyiah yang terdiri dari 4 kelas. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Rank Spearman dan hipotesis diuji dengan menggunakan statistik uji-t. Dari hasil analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi r=0,013, hal ini berarti bahwa hubungan antara kecemasan matematika dengan prestasi belajar sangat rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang negatif antara kecemasan matematika (Math Anxiety) dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Laboratorium Unsyiah tahun ajaran 2013/2014.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013-2014 (Devira Arianti, 2015)

PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DAN HUBUNGANNYA DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP (Julia Noviani, 2014)

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH (Rahmat Ikbal, 2015)

HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 INGIN JAYA RNACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (JULIMAN, 2015)

PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTSS LAM UJONG ACEH BESAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN NILAI RNUJIAN NASIONAL (UN) SD/MI TAHUN AJARAN 2012/2013 (Yusi Gusmawan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy