//

ANALISA DAN PEMETAAN JALUR EVAKUASI TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M Ikhwan Maulana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada tanggal 26 Desember 2004 terjadi gempa dan tsunami di Kota Banda Aceh yang mengakibatkan kerusakan infrastruktur pada wilayah pesisir pantai. Kemudian Rabu 11 April 2012 terjadi gempa yang berkekuatan 8.5 Skala Richter (SR), sehingga warga mengalami kepanikan dan kemacetan saat melakukan evakuasi tsunami. Untuk itu, perlu dilakukan analisa dan pemetaan jalur evakuasi bencana tsunami di Kota Banda Aceh, berdasarkan pemotongan median jalan yang baru pada 10 lokasi di Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode survei dan analisa data spasial dengan cara mengumpulkan citra satelit dan pengolahan citra berbasis sistem informasi geografi. Kemudian dilakukan analisa perbandingan jalur evakuasi bencana tsunami sebelum dan sesudah pemotongan median jalan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jarak tempuh jalur evakuasi tsunami sebelum pemotongan median jalan lebih lama, sedangkan jarak tempuh jalur evakuasi tsunami setelah pemotongan median jalan lebih cepat. Penelitian ini perlu dilakukan analisa lebih lanjut dengan menggunakan teori graph. Kata kunci: sistem informasi geografis, jalur evakusi, citra satelit, median jalan, Banda Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA PEMETAAN JALUR EVAKUASI DARI TEMPAT WISATA YANG RAWAN TERHADAP BENCANA TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (T. Muhammad Hijria, 2019)

ANALISA PEMETAAN JALUR EVAKUASI SEKOLAH-SEKOLAH YANG RAWAN TERHADAP BENCANA TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Oriza Nuansa Putra, 2018)

PERANCANGAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI MENGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS KECAMATAN PEUKAN BADA) ACEH BESAR (Rukkaan Sujjada, 2018)

KAJIAN JALUR EVAKUASI DAN TITIK EVAKUASI BENCANA GEMPABUMI BERPOTENSI TSUNAMI ( STUDI KASUS KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH ) (Zainal Abidin, 2013)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI PADA DESA MERDUATI DAN DESA LAMPASEH KOTA KECAMATAN KUTARAJA KOTA BANDA ACEH (Rifha Fachriani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy