//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA RNPADA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA DI KELAS VI RNSD NEGERI 16 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ibrahim - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Penerapan Model Mind Mapping, Hasil Belajar IPS Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Materi Perkembangan Sistem Administrasi Wilayah Indonesia di Kelas VI SD Negeri 16 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia di kelas VI SDN 16 Banda Aceh, aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran kooparatif tipe mind mapping pada pembelajaran IPS materi perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia di kelas VI SDN 16 Banda Aceh dan pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada pembelajaran IPS materi perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia di kelas VI SDN 16 Banda Aceh. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu teknik tes dan menggunakan PTK sebanyak 3 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu rancangan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VI SDN 16 Banda Aceh sebanyak 32 siswa, 20 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pada materi perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia di kelas VI SDN 16 Banda Aceh. Hal ini dapat diketahui dari hasil tes siklus I 68,7% siswa tuntas dan 31,3% siswa tidak tuntas serta hasil tes siklus II 75,0% siswa tuntas dan 25,0% siswa tidak tuntas. Setelah dilakukan tes siklus III, terjadi peningkatan 87,5% siswa tuntas dan 12,5% siswa tidak tuntas. Aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran kooparatif tipe mind mapping di kelas VI SDN 16 Banda Aceh meningkat, pada siklus I cukup baik (3,0%), siklus II cukup baik juga (3,4%) dan siklus III menjadi baik (4,3%). Pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru dengan model pembelajaran tipe mind mapping di kelas VI SDN 16 Banda Aceh mengalami peningkatan, siklus I cukup baik (2,96%), siklus II cukup baik (3,24%) dan meningkat menjadi baik (3,92%) pada siklus III.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE MIND MAPPINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII-2SMP NEGERI 3 KEJURUAN MUDA (MARLIATI, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH (ULFA MEIRIDA, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMSRNGAMES TOURNAMENT (TGT) DAN CONCEPT MAPPING PADARNSISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKANRNHASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1RNDARUL IMARAH ACEH BESAR (Nova Maulita, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (NURLAILA, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPERNNUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI RNKPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI 71RN BANDA ACEH (Masyita, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy