Search :

Advance


UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN PUZZLE DI PAUD NUR ANNISA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nuraini - Personal Name
Subyek EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahua
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

iv ABSTRAK Kata Kunci: Puzzle. kemampuan kognitif. dan anak usia dini. Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Bermain Puzzle di PAUD Nur Annisa Banda Aceh”. Penelitian imi mengangkat masalah peningkatan kemampuan kognitifanak usia dini, aktivitas anak dalam menggunakan permainan puzzle, dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan permainan puzzle. Tujuan dan peneletian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini untuk mengetahui aktivitas anak dalam permainan puzzle, dan untuk rnengetahui keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan permainan puzzle. Penelitian ini menggun akan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap sikius di lakukan melalui tahapan, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak PAUD Nur Annisa kelompok B2 berjumlah 20 orang. Data yang dikumpulkan inelalui teknik unjuk kerja dan observasi. Data dianalis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan pengelohan data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui bermain puzzle. Pada pra siklus di peroleh 25 % , atau sebanyak 5 orang anak, pada siklus I 45%, atau sebanyak 9 orang anak, pada siklus II meningkat 85%, atau sebanyak 17 orang anak. Keaktifan anak pada sikius I sebesar 57,50%, sikius II sebesar 75,0%, terjadi peningkatan 18,50%.. Kemampuan guru dalam proses pembelajaran sudah baik, karna guru dapat meningkatkan kualitas dan rnengatur waktu pembelajaran serta mengelola kelas lebih aktif, efektif dan menyenangkan. Pada siklus I terjadi 2,33%, terjadi peningkatan pada siklus II 3,22%, di bandingkan sebelum menggunakan metode demontrasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa puzzle dapat meningkatkan kernampuan kognitif anak usia dini. Hal tersebut dapat dilihat dengan meningkatnya kernampuan kognitif, inenciptakan kelas yang aktif menarik dan rnenyenangkan. Maka puzzle ini juga dapat di gunakan untuk pembelajaran pada materi yang lain yang dianggap sesuai.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PUZZLE DI PAUD BUNGONG TANJUNG LAMTIMPEUNG ACEH BESAR (Nurul Jannah, 2016)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN RANCANG BANGUN BALOK DI PAUD IT AL-FATIH KOTA BANDA ACEH (Dewi Wahyuni, 2016)

PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINIRN( STUDI PADA PAUD DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR) (TEUKU MUHAMMAD HUSNI, 2014)

UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINIRN(SUATU PENELITIAN DI TKIT AR RAHMAH KOTA BANDA ACEH) (Desy Mulia Sari, 2014)

PENGENALAN MINAT MEMBACA PADA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TAMAN KANAK KANAK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (TK-PAUD) MUTIARA HATI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN SIMEULUE (Salmawati, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.