//

STANDARISASI RESEP ABONRNSUKUN (ARTOCARPUS ALTILIS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Manna Futia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Buah Sukun (Artocarpus altilis) adalah jenis buah yang tidak berbiji dan memiliki daging empuk. Setelah dimasak, buah sukun menyerupai tekstur roti. Buah sukun kaya akan karbohidrat dan juga rendah kalori. Oleh karena itu, buah sukun dapat dijadikan olahan makanan diantaranya abon. Dari uraian latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana karakteristik organoleptik (warna, aroma, tekstur dan rasa) resep standar abon sukun dan bagaimana daya terima konsumen terhadap abon sukun. Penelitian ini bertujuan untuk menstandarisasikan resep abon sukun, mengetahui karakteristik organoleptik (warna, aroma tekstur dan rasa) pada abon sukun dan mengetahui daya terima konsumen terhadap abon sukun. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Data-data dari uji pengamatan dianalisis dengan cara menentukan nilai rata-rata (mean) dari total nilai yang diperoleh dari narasumber. Data-data dari uji penerimaan dianalisis menggunakan analisis varian (anava) satu jalur pada pembuatan abon. Apabila ada pengaruh signifikan maka dilanjutkan dengan uji LSD (Least Significant Different) dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dari uji penerimaan diperoleh warna (4,57), aroma (4,43), tekstur (4,13) dan rasa (4,57) pada abon sukun. Hal ini menunjukkan bahwa karakteristik organoleptik (warna, aroma tekstur dan rasa) abon sukun lebih disukai narasumber maupun panelis konsumen dibandingkan abon jantung pisang, karena abon sukun memiliki warna kuning kecoklatan, aroma yang harum, tekstur berserat dan rasa yang gurih. Kata Kunci : Standarisasi Resep, Abon Sukun, Abon Jantung Pisang

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STANDARISASI RESEP ABONRNSUKUN (ARTOCARPUS ALTILIS) (Manna Futia, 2015)

UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL DAUN SUKUN (ARTOCARPUS ALTILIS) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI METHICILLIN RESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUS (Sucy Lestary, 2016)

UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL DAUN SUKUN TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI MRSA (Sucy Lestary, 2014)

STANDARISASI RESEP CIMPE SEBAGAI PENGANAN TRADISIONAL ACEH TENGGARA (Nurhayati, 2017)

PEMBUATAN MI KERING PASTA SUKUN (ARTOCARPUS ALTILIS) DENGAN PENAMBAHAN HDROKOLOID CMC (CARBOXY METHYL CELLULOSE) DAN KAPPA KARAGINAN(KAPPAPHYCUS ALVAREZII) (Satria Putra, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy