//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Asrawati - Personal Name
SubjectSTUDY METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Perbandingan, Hasil Belajar Geografi, STAD,CIRC Penelitian ini tentang perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe CIRC pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh, Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan suatu teknik mengajar dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil sehingga siswa saling bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan model pembelajaran tipe CIRC pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan model pembelajaran tipe CIRC pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan model pembelajaran tipe CIRC untuk materi belajar yang sama. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yang berjumlah 53 siswa dengan dua kelas yaitu kelas VIII-4 yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD dan kelas VIII-5 berjumlah 27 siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe CIRC. Untuk Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, studi dokumentasi dan tes, serta teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung = 2,87sedangkan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NENI WARISKI, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MESJID RAYA ACEH BESAR (MARZIA, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 15 BANDA ACEH (Suhernawati, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Lailisa Hanum, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN TIPE TARI BAMBU PADA MATARNPELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIIIRNSMP NEGERI 4 BANDA ACEH (SITI ARINI RISANDI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy