//

DAYA TAHAN HIDUP SPERMATOZOA BERBAGAI JENIS AYAM DALAM PENGENCER NACL FISIOLOGIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahayu Zalwis - Personal Name
SubjectCHICKENS - ANIMAL HUSBANDRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Hewan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tahan hidup spermatozoa berbagai jenis ayam dalam pengencer NaCl fisiologis. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan November 2014 sampai Oktober 2014 di Laboratorium Reproduksi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL). Semen yang digunakan diperoleh dengan cara masase dari tiga jenis ayam jantan (ayam kampung, ayam kate dan ayam bangkok) kemudian dilakukan evaluasi secara makroskopis dan mikroskopis. Semen-semen yang berkualitas baik selanjutnya diencerkan dengan NaCl fisiologis, disimpan pada suhu ruang dan dilakukan pengamatan setiap 30 menit hingga motilitas mencapai 40%. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tahan hidup spermatozoa berbagai jenis ayam tidak berbeda nyata (P>0,05) dengan rata-rata KI (ayam kampung), K2 (ayam kate), dan K3 (ayam bangkok) masing-masing adalah 80 ± 36,64 menit; 100 ± 17,32 menit dan 140 ± 17,32 menit. Kesimpulan dari penelitian ini adalah jenis ayam tidak berpengaruh terhadap daya tahan hidup spermatozoa dalam pengencer NaCl fisiologis.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DOSIS KUNING TELUR TERHADAP DAYA TAHAN HIDUP SPERMATOZOA AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) DALAM PENGENCER NACL FISIOLOGIS (irhamna, 2014)

PENGARUH PENAMBAHAN SARI WORTEL KE DALAM PENGENCER NACL-KUNING TELUR TERHADAPRNFERTILITAS DAN DAYA TETASRNTELUR AYAM KAMPUNG (Miqsalmina, 2014)

PENGARUH PENGENCER ALAMI SPERMA TERHADAP FERTILISASI DAN DAYA TETAS TELUR IKAN SEURUKAN (OSTEOCHILUS VITTATUS) (YUSRAN ADAMI, 2015)

ANALISIS KUALITAS SPERMATOZOA SAPI ACEH SETELAH PEMBEKUAN DALAM BERBAGAI KONSENTRASI ANDROMED®. (Mukhlis, 2017)

KUALITAS SPERMATOZOA SAPI ACEH PASCA PEMBEKUAN DENGAN MENGGUNAKAN PENGENCER SITRAT KUNING TELUR ANGSA DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA (Tri Putri Purnama Sari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy