//

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGASI DENGAN MODEL JIGSAW PADA MATERI PERUBAHAN BENDA KELAS VI SD NEGERI 56 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zahraton Nida - Personal Name
SubjectSTUDY METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahua
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Model Kooperatif Tipe grup investigasi, Model Kooperatif Tipe jigsaw, Hasil Belajar, perubahan pada benda Penelitian ini berjudul “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Grup Investigasi Dengan Model Jigsaw Pada Materi Perubahan Benda Kelas VI SD Negeri 56 Banda Aceh”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model kooperatif tipe grup investigasi dengan model jigsaw pada materi perubahan benda di kelas VI SD Negeri 56 Banda Aceh?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model kooperatif tipe grup investigasi dengan model jigsaw pada materi perubahan benda di kelas VI SD Negeri 56 Banda Aceh. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model kooperatif tipe grup investigasi dengan model jigsaw pada materi perubahan benda di kelas VI SD Negeri 56 Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian eksperimen. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VI_a berjumlah 28 siswa dan VI_bberjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Setelah data terkumpul, diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t, pada taraf signifikan ∝ =0,05. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, terima H_0 jika -〖t_1-〗^(1⁄2 ∝ t_tabel=3,5 >2,00. Sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Adapun hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi dengan model jigsaw pada materi perubahan benda di kelas VI SD Negeri 56 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWA MAN I TAKENGON MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD)DAN TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (finta yani afrizal, 2014)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SD NEGERI LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (wirda hasanah, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 BANDA ACEH (Elly suryani, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHTRNTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERIRNPERUBAHAN SIFAT BENDA DI KELAS VRNSDN 12 BANDA ACEH (zulaiha, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI GAYA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH (Yeni Mayasari, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy