//

FREKUENSI PENGGUNAAN GIC DAN RESIN KOMPOSIT SEBAGAI TUMPATAN GIGI TETAP DI PUSKESMAS JEULINGKE KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lidya Ananda - Personal Name
SubjectDENTAL RESTORATION
CARIES - DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Lidya Ananda Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Judul : Frekuensi Penggunaan GIC dan Resin Komposit Sebagai Tumpatan Gigi Tetap di Puskesmas Jeulingke Kota Banda Aceh Pada Tahun 2014 Salah satu penanganan karies adalah dengan membuang jaringan karies dan menumpatnya dengan bahan restorasi. Bahan restorasi yang biasanya digunakan bermacam-macam tergantung letak kavitas dan fungsi dari pada gigi tersebut, seperti resin komposit dan Glass Ionomer Cements (GIC). Tujuan penelitian untuk mengetahui frekuensi penggunaan GIC dan resin komposit sebagai restorasi gigi tetap di Puskesmas Jeulingke Kota Banda Aceh pada tahun 2014. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Sampel penelitian adalah rekam medis pasien dari subjek yang akan diteliti. Total subjek penelitian yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 271 orang, dengan penggunaan tumpatan GIC 127 orang dan resin komposit 144 orang. Tahap penelitian dengan cara memperoleh rekam medis dari poli gigi untuk mendapatkan data sekunder mengenai pasien yang melakukan restorasi gigi berupa GIC dan resin komposit pada tahun 2014. Analisis yang digunakan yaitu analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan resin komposit adalah penggunaan restorasi gigi tetap terbanyak dengan jumlah 48 orang dalam kelompok usia 11-20 tahun. Kata kunci: Restorasi gigi tetap, GIC, resin komposit.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PENGGUNAAN BAHAN AMALGAM, RESIN KOMPOSIT DAN GLASS IONOMER CEMENT (GIC) DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNSYIAH PADA BULAN JULI – DESEMBER 2014 (Nur Shabrina, 2016)

HUBUNGAN KARIES GIGI (INDEKS DMF-T) DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK USIA 11-12 TAHUN DI MIN MESJID RAYA BANDA ACEH 2011. (Widya Wati Sofiana, 2015)

PERBANDINGAN TINGKAT KEBOCORAN MIKRO ANTARA RESIN KOMPOSIT DAN GLASS IONOMER CEMENT (GIC) SEBAGAI BAHAN PENUTUPAN FISURA (Darma Jayadi, 2016)

PENGARUH LAMA APLIKASI HIDROGEN PEROKSIDA 30% TERHADAP MICROLEAKAGE RESIN KOMPOSIT MIKROHIBRID (Desty Rahayu Darwin, 2015)

PERBANDINGAN INDEKS DMF-T PADA MURID SD NEGERI 1 BANDA ACEH (PERKOTAAN) DAN SD N BUENG CALA ACEH BESAR (PEDESAAN) USIA 11-12 TAHUN (Oscar Agung ALG, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy