//

ANALISIS LOKASI PASAR PEDAGANG TRADISIONAL DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Risky Suharyanto - Personal Name
SubjectMARKETS - AREA PLANNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Analisis Lokasi Pasar Pedagang Tradisional Di Kota Banda Aceh Nama : Risky Suharyanto NIM : 1101101010040 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Muhammad Ilhamsyah Siregar, S.E, M.A Konsentrasi : Ekonomi Regional Keberadaan pasar tradisional yang terus tumbuh dan berkembang menjadi prioritas utama masyarakat dalam pemilihan lokasi pusat berbelanja. Dengan semakin berkembangnya suatu pasar tradisional dapat mendorong permintaan terhadap pasar tradisional lain. Namun, pembangunan lokasi pasar yang tidak strategis menjadikan pasar tradisional menjadi tidak tumbuh bahkan mati. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lokasi pasar pedagang tradisional di Kota Banda Aceh dengan mengambil sampel terhadap 80 orang responden yang mewakili populasi di daerah. Adapun model yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang didapat yaitu, tumbuhnya suatu pasar tradisonal dikarenakan faktor lokasi dan jumlah pelaku transaksi di pasar yang ramai. Selanjutnya faktor-faktor yang sangat kuat mempengaruhi ketersedian responden pedagang dan pembeli menempati pasar adalah omzet yang diperoleh dan ketersediaan barang yang lengkap di pasar. Sedangkan faktor fasilitas tidak terlalu berpengaruhi dalam pemilihan lokasi pedagang. Sehingga dengan semakin banyaknya jumlah pelaku transaksi di pasar dan lokasi pasar yang strategis menyebabkan pasar tradisional menjadi tumbuh dan berkembang. Implikasi penelitian ini menunjukan bahwa berkembangnya pasar tradisional sangat dipengaruhi oleh aspek spasial dan transaksi. Oleh karena itu diharapkan agar pembangunan pasar tradisional dilakukan dengan senantiasa mempertimbangkan aspek spasial tersebut agar pasar tradisional dapat tumbuh dengan baik. Kata Kunci : Lokasi Pasar, Jumlah pelaku di pasar, Pasar Tradisional.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS LOKASI PASAR PEDAGANG TRADISIONAL DI KOTA BANDA ACEH (Risky Suharyanto, 2015)

KAJIAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TIDAK BERFUNGSINYA PASAR TRADISIONAL (STUDI KASUS: PASAR LAMGAPANG KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH) (Eddy Syah Putra, 2018)

DAMPAK PASAR MODERN (ALFAMART) TERHADAP USAHA PASAR TRADISIONAL DI KABUPATEN ACEH BESAR (Annisa Hadif Nst, 2017)

PASAR TRADISIONAL DI KOTA BLANGPIDIE TEMA : ARSITEKTUR TROPIS (Ghina Amira, 2017)

PASAR TRADISIONAL SINGKIL (Rifhan Novit, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy