//

KONTRIBUSI POWER OTOT LENGAN DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN LEMPAR CAKRAM PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wahyuni - Personal Name
SubjectDISCUS THROWING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci :power otot lengan, keseimbangan, lempar cakram Penelitian ini berjudul “Kontribusi Power Otot Lengan dan Keseimbangan terhadap Kemampuan Lempar Cakrampada Mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2012. Lempar cakram merupakan cabang olahraga yang dalam pencapaian prestasinya dipengaruhi oleh komponen kondisi fisikyaitupower otot lengan dan keseimbangan. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimanakah hubungan antara power otot lengan dan keseimbangan dengan kemampuan lempar cakram pada mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2012.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi power otot lengan dan keseimbangan terhadap kemampuan lempar cakram. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2012 yang berjumlah 122 orang. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2012 yang telah lulus mata kuliah TP. atletik dengan nilai minimal B berjumlah 30orang (Teknik Purposive Sampling). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) two hand medicine ball-pushuntuk mengukur power otot lengan, (2) modifikasi bass test untuk mengukur keseimbangan dan (3) tes lempar cakram untuk mengukur kemampuan lempar cakram diukur. Data diolah dengan menggunakan teknik statistik korelasi sederhana dan ganda. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) terdapat hubungan antarapower otot lengan dengan kemampuan lempar cakram (r = 0,89), power otot lengan memberikan kontribusi sebesar 78,9 % terhadap lempar cakram, (2) terdapat hubungan antara keseimbangan dengan kemampuan lempar cakram (r = 0,68), keseimbangan memberikan kontribusi sebesar 46,18 % terhadap lempar cakram, (3) terdapat hubungan antara power otot lengandan keseimbangan terhadap kemampuan lempar cakram dengan nilai koefisien korelasi ganda (R = 0,87). Power otot lengandan keseimbangan memberikan kontribusi sebesar 75,7 % terhadap lempar cakram.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KORELASI KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN KEMAMPUAN LEMPAR CAKRAM PADA MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2012 (Helmi Fitra, 2015)

KONTRIBUSI POWER LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN LEMPAR LEMBING PADA MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2012 TAHUN AJARAN 2012-2013 (BIRUL WALIDAINI, 2013)

HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN KEMAMPUAN LEMPAR CAKRAM PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2013 (REZKI IWANARA, 2015)

HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN KEMAMPUAN LEMPAR LEMBING MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2013 (Iwan Purnama, 2017)

HUBUNGAN POWER OTOT LENGAN DENGAN KEMAMPUAN LEMPAR CAKRAM PADA MAHASISWA PENJASKESREKRN FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2012 (AFWANDI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy