//

REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP IKLAN TEMPO SCAN 60 TAHUN DI TELEVISI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NIDA AZKIA - Personal Name
SubjectWOMEN
ADVERTISEMENTS
SEMIOTICS
IMAGERY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Terhadap Iklan Tempo Scan 60 Tahun di Televisi) Oleh NIDA AZKIA 0910102010026 ILMU KOMUNIKASI ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi citra perempuan pada iklan Tempo Scan 60 Tahun di televisi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa teori yang relevan, yaitu: Teori Semiotika Roland Barthes dan Teori Feminisme. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes berupa signifikasi dua tahap (two order of signification); denotasi dan konotasi, yang mencoba memaparkan dan menjelaskan makna yang terkandung dalam iklan Tempo Scan 60 Tahun di televisi. Hasil penelitian menemukan bahwa iklan Tempo Scan 60 Tahun memrepresentasikan perempuan harus terlihat cantik namun tetap mempunyai kekuatan dan tidak hanya menonjolkan kecantikan saja. Konsep kuat disini adalah bahwa setiap wanita bisa mengerjakan apa yang pria kerjakan. Iklan ini memberikan pesan kesetaraan gender dimana pria dan wanita bisa sejajar dan bekerja sama, wanita juga mampu menjadi pimpinan di perusahaan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat dikemukakan bahwa citra perempuan yang terdapat dalam iklan Tempo Scan 60 Tahun di televisi tersebut termasuk dalam kategori citra pigura dan citra pilar. Hal ini karena ditemukan bahwa kecantikan dan keelokan tubuh merupakan hal yang sangat penting yang wajib dijaga oleh perempuan. Serta wanita selalu dikaitkan dengan kodratnya sebagai pilar pengurus rumah tangga, setinggi apapun pendidikannya wanita tetap berkewajiban mengurus suami dan anak. Kata kunci: Citra perempuan, kesetaraan gender, semiotika Roland Barthes.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN PEWANGI PAKAIAN DI TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP IKLAN SOFTENER SOKLIN TWILIGHT SENSATION DAN DOWNY INNOCENCE) (MAGHFIRAH FITRIAH, 2016)

REPRESENTASI EKSPLOITASI PEREMPUAN DALAM IKLAN NEW ERA VERSI BOOTS PADA MEDIA TELEVISI (Arif Hidayat, 2018)

REPRESENTASI KEBUDAYAAN INDONESIA PADA IKLAN TEH JAVANA-CITA RASA TEH INDONESIA DI TELEVISI (Yoelly Kurniati, 2018)

EKSPLOITASI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN TELEVISI GIV BEAUTY SOAP “TAMPIL MEMUKAU PENUH PESONA”) (Ayu Wulandari, 2017)

PEMAKNAAN PESAN IKLAN FEAR PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI TELEVISI (aslinda, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy