//

PEMBELAJARAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL MELALUI RNMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD RNDENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI RNKELAS VII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mukhsanati - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Metode Penemuan Terbimbing, dan Persamaan Linear Satu Variabel. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan kerja sama antar siswa dalam kelompok-kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif mempunyai beberapa tipe, salah satunya yaitu tipe STAD (Student Team Achivement Devision) dimana siswa ditempatkan dalam tim belajar yang beranggotakan empat atau lima orang. Penelitian ini mengangkat masalah apakah melalui model kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing pada pembelajaran persamaan linear satu variabel siswa dapat mencapai ketuntasan belajar di kelas VII SMP Negeri 14 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 14 Banda Aceh dalam materi persamaan linear satu variabel melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing dapat mencapai ketuntasan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Banda Aceh. Sampel yang dipilih adalah kelas VII2 dengan jumlah siswa 20 orang sebagai kelas eksperimen. Materi yang diajarkan adalah persamaan linear satu variabel. Teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t pihak kanan. Hasil analisis data dengan pengujian hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 19 berdistribusi normal. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa melalui model kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing pada pembelajaran persamaan linear satu variabel siswa dapat mencapai ketuntasan belajar di kelas VII SMP Negeri 14 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH (maya masyittah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VRNSD NEGERI 2 PEUKAN BADA (MAILA PUSPITA SARI, 2015)

PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE SNH DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH TAHUN 201/2018 (Sri Rahayu, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (SYAHRIAL, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy