//

INTERAKSI MAHASISWA PERANTAUAN DENGAN MAHASISWA LOKAL ACEHRN(STUDI DESKRIPTIF PADA MAHASISWA PERANTAUAN DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA, DARUSSALAM, BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZAZULI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak Perbedaan adalah penyebab konflik yang sering terjadi dalam masyarakat. Konflik terjadi karena setiap individu atau kelompok berbeda dan masyarakat tidak saling menjaga hubungan interaksi dengan baik. Selain di lingkungan masyarakat, perbedaan juga terdapat di lingkungan universitas, perbedaan tersebut terjadi antara mahasiswa perantauan dengan mahasiswa lokal. Dari situ timbul pertanyaan, apakah perbedaan pada mahasiswa yang majemuk di universitas juga bisa menyebabkan konflik?, Atas dasar tersebut, penulis meneliti bagaimana interaksi yang terjadi antara mahasiswa yang majemuk, kemudian bentuk interaksi apa yang di gunakan dan adakah penghambat dan pendukung hubungan interaksi antara mahasiswa yang majemuk tersebut. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, Penelitian dilakukan kepada 120 orang sampel/responden mahasiswa perantauan di Unsyiah, data dikumpulkan dari hasil observasi, kuesioner, wawancara, dan literatur pustaka. Hasil penelitian yang pertama, mengenai keadaan interaksi yang terjadi antara mahasiswa perantauan dengan mahasiswa lokal Aceh, sudah berjalan dengan baik dan ideal sesuai nilai agama, moral, budaya serta aturan yang berlaku, meskipun terdapat berbagai perbedaan. Selanjutnya mengenai bentuk interaksi apa yang terjadi antara mahasiswa perantauan dengan mahasiswa lokal Aceh di Unsyiah adalah bentuk interaksi asosiatif dan disosiatif, namun bentuk interaksi yang umumnya terjadi adalah bentuk interaksi asosiatif, bentuk interaksi tersebut berasal dari teori interaksi sosial. Terakhir mengenai hal penghambat dan pendukung interaksi yang dirasakan mahasiswa perantauan yaitu, mayoritas mahasiswa perantauan tidak merasakan adanya hal-hal penghambat interaksi selama proses beradaptasi, mereka umumnya merasakan adanya hal-hal pendukung hubungan interaksi dengan mahasiswa lokal. Melalui penelitian ini diharapkan hubungan interaksi yang baik tersebut dapat dipertahankan guna untuk keadaan harmoni di Unsyiah. Kata kunci: Perbedaan, Interaksi, Mahasiswa Perantauan, Mahasiswa lokal Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MAHASISWA PERANTAUAN DALAM PEMBENTUKAN KONSEP DIRI (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PROSES PEMBENTUKAN KONSEP MAHASISWA PERANTAUAN DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Taufiqurrahman, 2018)

POLA INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA LUAR ACEH DAN MAHASISWA ACEH DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Hajiah, 2018)

ASRAMA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Malahayati, 2014)

PERSEPSI TOKOH MAHASISWA TERHADAP PARTAI ACEH (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Syirwan Haniya, 2017)

MOTIVASI BERPRESTASI DAN PENGARUH TERHADAP IPK MAHASISWA BIDIKMISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SRI RASYIIDU TEBE, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy