//

PENGARUH LAMA APLIKASI HIDROGEN PEROKSIDA 30% TERHADAP MICROLEAKAGE RESIN KOMPOSIT MIKROHIBRID

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desty Rahayu Darwin - Personal Name
SubjectDENTRYSTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Desty Rahayu Darwin Program Studi : Program Studi Kedokteran Gigi Judul : Pengaruh Lama Aplikasi Hidrogen Peroksida 30% Terhadap Microleakage Resin Komposit Mikrohibrid Aplikasi bleaching dilakukan pada permukaan gigi yang memungkinkan terjadinya kontak antara bahan bleaching dengan tumpatan seperti tumpatan resin komposit. Lama aplikasi bleaching disesuaikan dengan petunjuk pabrik, rata-rata aplikasi dilakukan selama 10-20 menit per siklus sesuai tingkat keparahan diskolorasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama aplikasi hidrogen peroksida 30% terhadap microleakage resin komposit mikrohibrid selama 30 menu dan 60 menu. Penelitian ini menggunakan 30 spesimen bovine yang ditumpat dengan resin komposit mikrohibrid berukuran 4 x 2 x 2 mm. Spesimen dikelompokkan menjadi 3 kelompok (n10): kelompok A (kelompok kontrol), kelompok B (bleaching H2O2 30% selama 30 menit) dan kelompok C (bleaching H2O2 30% selama 60 menit). Microleakage diamati menggunakan stereomikroskop. Data yang diperoleh dikategorikan ke dalam skoring microleakage dan dianalisis menggunakan Mann-whitney. Hasil analisa statistik menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang bermakna pada microleakage resin komposit mikrohibrid setelah aplikasi hidrogen peroksida 30% selama 30 menit dan 60 menit (P > 0 05) Namun hasil pengamatan di bawah stereomikroskop terlihat ada perbedaan antara microleakage setelah aplikasi hidrogen peroksida 30% selama 30 menit dan 60 menu. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan semakin lama aplikasi hidrogen peroksida 30% maka semakin besar tingkat microleakage yang terjadi pada resin komposit mikrohibrid. Kata Kunci: Mikrohibrid. hidrogen peroksida 30% microleakage

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMOLESAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN RESIN KOMPOSIT MIKROHIBRID DAN NANOFILLER (Rika Mulya , 2016)

PERBEDAAAN MICROLEAKAGE PADA TEKNIK SANDWICH RESIN KOMPOSIT – GLASS IONOMER CEMENT (DITINJAU DARI WAKTU APLIKASI) (Fikrizal, 2016)

PERBANDINGAN TINGKAT KEBOCORAN MIKRO ANTARA RESIN KOMPOSIT DAN GLASS IONOMER CEMENT (GIC) SEBAGAI BAHAN PENUTUPAN FISURA (Darma Jayadi, 2016)

PENGARUH KONSUMSI MINUMAN KOPI ROBUSTA DAN ROKOK TERHADAP PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT MIKROHIBRID (Reza Saputra, 2016)

PERBEDAAN KEKUATAN FLEKSURAL RESIN KOMPOSIT DENGAN FIBER POLIETILEN DAN FIBER AMPAS TEBU (Ovia Damaiyanti, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy