//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurafifah Mutia Sari - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, Index Card Match, konvensional, IPS Terpadu Penelitian yang berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match dan Konvensional Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional mata pelajaran IPS Terpadu di SMP 17 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh yang berjumlah 244 siswa. Sampel yang diambil hanya dua kelas, yakni kelas VII2 sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan rumus uji-t. Hasil pengolahan diperoleh nilai thitung = 2,77 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dan dk 50 adalah 1,68. Berarti bahwa thitung > ttabel atau 2,77 > 1,68 maka Ha diterima. Artinya hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional mata pelajaran IPS Terpadu di SMP 17 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DENGAN INDEX CARD MATCH DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Rahmatul Fadhila, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII MTSN 4 RUKOH BANDA ACEH (Khairana Zuhra, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT (Syarifah Melda Selvia, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA RNYANG MENGGUNAKAN MODEL MAKE-A MATCH DAN INDEX CARD MATCH DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (SYARIFAH MAWADDAH MISWAR, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (mirna, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy