//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irfan. S - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, Complete Sentence, konvensional, IPS Terpadu Penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Complete Sentence dan Konvensional Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Complete Sentence lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Complete Sentence lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Complete Sentence lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 17 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh yang berjumlah 238 siswa. Sampel yang diambil hanya dua kelas, yakni kelas VIII7 sebanyak 25 siswa dan kelas VIII9 sebanyak 25 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan rumus uji-t. Hasil pengolahan diperoleh nilai thitung = 3,41 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dan dk 48 diperoleh sebesar 1,68. Berarti bahwa thitung > ttabel atau 3,41 > 1,68 maka Ha diterima. Artinya hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Complete Sentence lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 17 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (TI ASMAK, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Nurafifah Mutia Sari, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN RNKONVENSIONAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR (SRI RATNA DEWI, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Lailisa Hanum, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NENI WARISKI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy