//

PERKEMBANGAN KOTA MEULABOH, 1956-2014 (STUDI TENTANG: INFRASTRUKTUR DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitri Safriaton - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Perkembangan, Kota, Infrastruktur, Sosial Ekonomi Penelitian yang berjudul “Perkembangan Kota Meulaboh, 1956-2014 (Studi tentang: Infrastruktur dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi)”, ini bertujuan menjelaskan perkembangan infrastruktur dan mendeskripsikan pengaruh infrastruktur terhadap sosial ekonomi masyarakat kota Meulaboh. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah (historis) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber yang diperoleh dari badan arsip dan perpustakaan daerah Kabupaten Aceh Barat dan BAPPEDA Aceh Barat, dokumen kantor Bupati Aceh Barat, dokumen PDAM Tirta Aceh Barat, dan Dinas Perhubungan Aceh Barat, serta wawancara dengan tokoh-tokoh yang terkait dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kota Meulaboh secara dinamis meningkat terlebih pada pembangunan infrastruktur. Adapun perkembangan pembangunan infrastruktur kota Meulaboh meliputi: a) public utilities (perumahan, air minum, kesehatan, sanitasi dan gas), b) public works (jalan, pasar, bendungan dan saluran irigasi dan drainase), serta c) sektor transportasi (jalan kereta api, angkutan pelabuhan dan lapangan terbang). Peningkatan pembangunan dalam perkembangan kota Meulaboh ini tentunya berpengaruh terhadap sosial ekonomi masyarakat, meskipun dalam kurun waktu perkembangannya terdapat hambatan terutama pada masa konflik dan bencana gempa dan gelombang tsunami tahun 2004. Perkembangan infrastruktur yang sudah signifikan yang terus mengacu ke arah yang lebih baik ini, berpengaruh terhadap aktivitas warga sehingga kegiatan ekonomi masyarakat kota Meulaboh menjadi lebih lancar dengan tersedianya sarana dan prasarana.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KECAMATAN INGIN JAYA, KABUPATEN ACEH BESAR, 1956-2014 (STUDI TENTANG : PERKEMBANGAN INFRASTRUKTUR) (Mirza, 2016)

PERKEMBANGAN ETNIS MINANGKABAU DI BANDA ACEH, 1974-2014 (Mayasari, 2015)

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI PETANI KARET GAMPONG ALUE TAMPAK, KECAMATAN KAWAY XVI, KABUPATEN ACEH BARAT, 1986-2014 (yusnidar, 2015)

KOTA CALANG PASCA TSUNAMI, (SATU TINJAUAN PERKEMBANGAN INFRASTRUKTUR, 2005-2017) (Chandra Seba, 2017)

PERKEMBANGAN INFRASTUKTUR FISIK KOTA BIREUEN, 1945-2014 (MUNAWARAH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy