//

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS XI IS DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAHRINA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: hubungan, persepsi, profesionalisme guru, hasil belajar Penelitian ini berjudul hubungan persepsi siswa terhadap profesionalisme guru mata pelajaran geografi dengan hasil belajar siswa pada kelas XI IS di SMA Negeri Se-Kota Banda Aceh. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan persepsi siswa terhadap profesionalisme guru mata pelajaran geografi dengan hasil belajar siswa pada kelas XI IS di SMA Negeri Se-Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap profesionalisme guru mata pelajaran geografi dengan hasil belajar siswa pada kelas XI IS di SMA Negeri Se-Kota Banda Aceh. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap profesionalisme guru mata pelajaran geografi dengan hasil belajar siswa pada kelas XI IS di SMA Negeri Se-Kota Banda Aceh.Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena data hasil belajar siswa dalam bentuk angka. Populasi dalam penelitian ini adalah 430 siswa dengan sampel 82 siswa dari 6 SMA yang ada di Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi nilai rapor semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi serial. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi dengan nilai “r” yaitu 0,3499 berada pada kategori rendah, dan uji signifikan sebagai pembuktian hipotesis dengan menggunakan rumus Uji-t, nilai t hitung yang diperoleh adalah 3,3406 sedangkan nilai t tabel bernilai 1,671. Hal ini menunjukkan nilai t hitung > nilai t tabel maka tolak H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap profesionalisme guru mata pelajaran geografi dengan hasil belajar pada kelas XI IS di SMA Negeri Se-Kota Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (PENELITIAN TERHADAP SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE) (Dara Maulida, 2016)

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU GEOGRAFI DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Makmur, 2013)

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH (Fuzna Rahmi, 2016)

PEMANFAATAN MUSEUM TSUNAMI ACEH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH (Lenni Muliana, 2015)

HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (Nova Ukhra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy