//

ANALISIS PENDAPATAN PEMILIK KAPAL NELAYAN DAN PENGOLAH IKAN DI DAERAH PPP IDI KECAMATAN IDI RAYEUK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FACHRURRAZI - Personal Name
SubjectINCOME
AGRICULTURAL - ECONOMICS ASPECTS
FISHING BOATS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Sektor kelautan dan perikanan merupakan salah satu sektor ekonomi yang memiliki peranan dalam pembangunan ekonomi nasional, khususnya dalam penyediaan bahan pangan protein, perolehan devisa, dan penyediaan lapangan kerja. Kabupaten Aceh Timur merupakan daerah yang memiliki potensi besar karena secara geografis letak PPP Idi berada di pertengahan dua kota besar yaitu Banda Aceh dan Medan, sehingga memudahkan saat proses pemasaran. Tidak hanya sebagai nelayan penangkap ikan di laut saja, di PPP Idi juga terdapat beberapa usaha pengolahan ikan asin. Pengolahan ikan asin berguna untuk meningkatkan nilai tambah demi meningkatkan pendapatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa pendapatan yang diperoleh pemilik kapal nelayan dan pengolah ikan. Berdasarkan hasil analisis didapat bahwa pendapatan yang diperoleh pemilik kapal nelayan lebih banyak dibandingkan dengan pendapatan pengolah ikan. Dimana pemilik kapal nelayan mendapat pendapatan bersih sebesar Rp. 33.901.690 per bulan. Sedangkan pendapatan bersih yang diperoleh pengolah ikan hanya Rp. 6.268.350 /bulan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDAPATAN NELAYAN PEMILIK KAPAL DI KOTA LHOKSEUMAWE (TEUKU RAHMATSYAH, 2015)

ANALISIS KEMISKINAN NELAYAN KECIL DI DESA LAMBADA LHOK KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (DELVINA SARI, 2016)

ANALISIS PENDAPATAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT NELAYAN DI DESA BLANG GEULUMPANG KECAMATAN IDI RAYEUK KABUPATEN ACEH TIMUR (SANTY MIRANATA, 2016)

REAKSI NELAYAN TERHADAP KENAIKAN HARGA BBM (STUDI KASUS PADA NELAYAN PEMILIK BOAT KECIL DI GAMPONG MEUNASAH KEUDE KECAMATAN MESJID RAYA ACEH BESAR) (Cut Tizubaidah, 2016)

PENGARUH RUMPON TERHADAP HASIL TANGKAPAN PURSE SEINE DI PERAIRAN UTARA ACEH (Munzir, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy