//

PERBANDINGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA BIDIK MISI DENGAN MAHASISWA REGULER PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2010/2011-2011/2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Yusliana - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
GEOGRAPHY-TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Kata kunci: perbandingan, prestasi akademik, mahasiswa, bidik misi, reguler Prestasi akademik adalah hasil belajar terakhir yang dicapai oleh mahasiswa dalam jangka waktu tertentu, yang mana prestasi akademik biasanya dinyatakan dalam bentuk angka atau simbol tertentu. Mahasiswa bidik misi adalah mahasiswa penerima beasiswa pada Prodi Geografi yang memiliki prestasi akademik baik dan kurang mampu secara ekonomi. Mahasiswa reguler merupakan mahasiswa yang bukan penerima bidik misi pada Program Studi Pendidikan Geografi, mahasiswa ini dalam mengikuti perkuliahan tidak terikat oleh ketentuan seperti pada mahasiswa bidik misi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi akademik mahasiswa bidik misi lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa reguler Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah Tahun Akademik 2010/2011-2011/2012. Hipotesis penelitian ini adalah prestasi akademik mahasiswa bidik misi lebih baik dibandingkan dengan prestasi akademik mahasiswa reguler Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah Tahun Akademik 2010/2011-2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa bidik misi dan reguler Prodi Geografi angkatan 2010 dan 2011. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 27 mahasiswa bidik misi dan 30 mahasiswa reguler. Penarikan sampel dilakukan secara acak. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes yang diberikan kepada mahasiswa, teknik analisis data dilakukan dengan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,55 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = n_1+ n_2 - 2 = 27 + 30 – 2 = 55 adalah 1,68. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel atau 2,55 > 1,68, maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Kesimpulannya adalah prestasi akademik mahasiswa bidik misi lebih baik dibandingkan dengan prestasi akademik mahasiswa reguler Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah tahun akademik 2010/2011-2011/2012

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG MENERIMA BIDIK MISI DENGAN MAHASISWA NON BIDIK MISI (Nanda Usvita, 2018)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH (ILIANTI, 2016)

PENGARUH PEMANFAATAN BEASISWABIDIK MISI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ayu Ajrina, 2018)

PENGARUH AKTIVITAS BERORGANISASI DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FKIP UNSYIAH (Alpi Sahrin, 2016)

PRESTASI MAHASISWA PENERIMA BEASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rizki, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy