//

ANALISIS KONTRIBUSI PENERIMAAN RETRIBUSI PELAYANAN PERSAMPAHAN/KEBERSIHAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YASNIVA - Personal Name
SubjectINCOME
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Magister Ilmu Ekonomi
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi dan kontribusi penerimaan Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui tingkat efektivitas dan efisiensi pemungutan Retribusi Pelayanan Persampahan di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan teknik purposive random sampling. Sedangkan data sekunder diperoleh dari BPS Kota Banda Aceh, DPKAD Kota Banda Aceh, serta Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Potensi penerimaan Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan di Kota Banda Aceh sangat besar. Dari delapan jalan utama dan empat dusun dapat diperoleh penerimaan retribusi rata-rata sebesar 1,8% dari total Pendapatan Asli Daerah setiap tahun; (2) Kontribusi penerimaan Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan di Kota Banda Aceh belum mencapai potensi yang sesungguhnya. Kontribusi retribusi pelayanan persampahan/kebersihan Kota Banda Aceh selama tahun 2002-2011 hanya berkisar antara 2,5%; (3) Tingkat efektivitas pemungutan retribusi pelayanan persampahan/kebersihan di Kota Banda Aceh sangat bervariasi. Secara rata-rata persentase efektivitas pemungutan retribusi pelayanan persampahan/kebersihan di Kota Banda Aceh selama 2002-2011 mencapai 87,7%, dengan demikian pemungutan retribusi pelayanan persampahan/kebersihan adalah cukup efektif; dan (4) persentase efisiensi pemungutan Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan di Kota Banda Aceh jauh melampaui angka 100%, sehingga pemungutan Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan di Kota Banda Aceh selama 2006-2011 adalah tidak efisien. Untuk meningkatkan kontribusi Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan di Kota Banda Aceh, Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh diantaranya perlu mengoptimalkan potensi yang dimilikinya serta segera mengesahkan Rancangan Qanun Tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan. Kata kunci: retribusi, pendapatan asli daerah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PENERIMAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH TAHUN 2011-2015 (Mulyana Utami, 2017)

ANALISIS TINGKAT EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENERIMAAN PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BANDA ACEH TAHUN 2012-2016 (Cut Tara Merinda, 2018)

KONTRIBUSI RETRIBUSI PARKIR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (sutia wirna, 2015)

PENGARUH KEGIATAN PENGENDALIAN TERHADAP EFEKTIFITAS PENERIMAAN RESTRIBUSI DAERAH (Suryadi Buchari , 2014)

ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KONTRIBUSI PAJAK HOTEL DAN RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) RNKOTA BANDA ACEH SEBELUM DAN SESUDAH TSUNAMI (NURUN NAJMI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy