//

PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mawardi Slamat Harianto - Personal Name
SubjectTEACHING
PROFESSIONAL TEACHERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN ACEH BESAR Oleh : Mawardi Slamat Harianto NIM : 1009200050042 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Nasir Usman, M. Pd 2. Dr. Djailani AR, M. Pd Abstrak Supervisi dipahami sebagai usaha menstimulasi, mengkoordinasi, dan membimbing secara kontinue pertumbuhan guru-guru di sekolah, baik secara individual maupun secara kolektif, agar lebih mengerti dan lebih efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program kerja supervisi pengajaran kepala sekolah, pelaksanaan supervisi pengajaran kepala sekolah, dan kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pengajaran pada SMAN di lingkungan Kabupaten Aceh Besar. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi. Sedangkan subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program kerja supervisi pengajaran kepala sekolah sudah memiliki rancangan yang baik untuk jangka waktu satu tahun ke depan dan dirumuskan kembali di tahun yang akan datang; (2) Pelaksanaan supervisi pengajaran dilakukan dengan pendekatan langsung dan pendekatan tidak langsung. Adapun pelaksanaan supervisi pengajaran secara tidak langsung diterapkan oleh kepala SMA Negeri 1 Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar sedangkan secara langsung dilakukan oleh kepala SMA Negeri Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar; dan (3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pengajaran antara lain: (a) pendekatan supervisi pengajaran, sedikitnya waktu yang dimiliki oleh kepala sekolah sehingga pelaksanaan supervisi sulit untuk diagendakan, (b) teknik supervisi pengajaran, lebih memperhatikan pada aspek psikologis guru. Faktor ini sangat menentukan jalannya pelaksanaan program supervisi pengajaran, dan (c) perilaku guru pada saat dilakukan supervisi pengajaran, kondisi guru-guru sangat variatif dan sangat tergantung pada teknik yang digunakan oleh kepala sekolah. Kata kunci: Supervisi Pengajaran, dan Profesional Guru.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN ACEH BESAR (Mawardi Slamat Harianto, 2015)

PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BK PADA SMAN 1 DAN SMAN 2 SIGLI (SAFRIDA, 2018)

KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DI SD NEGERI 4 PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN (Alfian, 2018)

SUPERVISI AKADEMIK KEPALASEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DISMA NEGERI I BLANG PIDIE (Jalisal Efendi, 2017)

SUPERVISI PENGAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 15 BANDA ACEH (YUSNILAWATI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy