//

PROFIL HEMATOKRIT DAN TROMBOSIT DENGAN BERBAGAI DERAJAT DEMAM BERDARAH DENGUE RNPADA PASIEN DEWASA DI RUMAH SAKIT UMUM RNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Almira Ismaryadi - Personal Name
SubjectDENGUE - DISEASES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit infeksi tropis yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti. Virus dengue ini termasuk kedalam family Flaviviridae dalam genus flavivirus. Derajat klinis DBD diklasifikasikan menjadi empat kelas keparahan, Derajat I, Derajat II, Derajat III, dan Derajat IV. Diagnosis DBD dilakukan dengan pemeriksaan darah rutin salah satunya yaitu hematokrit dan trombosit serta dari gejala klinis yang terlihat. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat kadar hematokrit dan jumlah trombosit pada pasien demam berdarah dengue dengan berbagai derajat klinis di Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan retrospektif dan telah dilakukan pada bulan November-Desember 2014 dengan jumlah sampel 42 dari rekam medis yang didapat. Hasil penelitian didapatkan dari pasien DBD yang paling banyak dirawat di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh memiliki kadar hematokrit ≤ 45% dengan presentase 87% yang dijumpai pada derajar II dan jumlah trombosit < 100.000 sel/mmᶟ dengan presentase 78,6% yang dijumpai pada derajat II. Kesimpulan pada penelitian ini adalah kadar hematokrit sedikit mengalami peningkatan yaitu ≤ 45% sebanyak 87% yang terdapat pada derajat II dan jumlah trombosit banyak mengalami penurunan dengan jumlah < 100.000 sebanyak 80,6% yang terdapat derajat II. Kata kunci : DBD, derajat DBD, kadar hematokrit, jumlah trombosit

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL HEMATOKRIT DAN TROMBOSIT DENGAN BERBAGAI DERAJAT DEMAM BERDARAH DENGUE RNPADA PASIEN DEWASA DI RUMAH SAKIT UMUM RNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Almira Ismaryadi, 2015)

HUBUNGAN GOLONGAN DARAH ABO TERHADAP INFEKSI VIRUS DENGUE (Achmad Kurniawan Almi, 2014)

PENGARUH KADAR HEMATOKRIT TERHADAP DERAJAT KLINIS DEMAM BERDARAH DENGUE PADA PASIEN ANAK RUANG RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAIONOEL ABIDIN BANDA ACEH (IKRIMA, 2017)

HUBUNGAN JUMLAH TROMBOSIT DAN HEMATOKRIT DENGAN MANIFESTASI KLINIS PERDARAHAN PADA PASIEN DBD ANAK DI RSUDZA BANDA ACEH (WILLA MUTIA SYAFRIDA, 2017)

PENERAPAN METODE REGRESI COX LOG NORMAL PADA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU KESEMBUHAN PASIEN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (IDA FAJRI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy