//

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Trya Andayani Mirda - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penggunaan model pembelajaran konvensional membuat siswa menjadi pasif sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar fisika siswa. Pembelajaran kooperatif muncul dari konsep bahwa siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep yang sulit jika siswa saling berdiskusi dengan siswa lain. Penelitian yang berjudul ”Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan Model Student Teams Achievement Divisions terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMP Negeri 1 Banda Aceh”. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan model NHT dan STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan model NHT dan STAD di SMP Negeri 1 Banda Aceh pada materi listrik statis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa jenis kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas IX-1 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen-1 dan kelas IX-2 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen-2. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan tes hasil belajar dengan 20 butir soal pada konsep listrik statis. Hasil analisis data menggunakan uji-t, diperoleh hasil skor rata-rata posttest kelas eksperimen-1 lebih baik dibandingkan dengan rata-rata skor posttest kelas eksperimen-2 dengan thitung=8,5 dan ttabel=1,67, sehingga thitung > ttabel pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan model NHT lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model STAD di SMP Negeri 1 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN STAD PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ARDIAN, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)DI SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA (INDAH KHAIRANI, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (RINA PURNAMA SARI, 2014)

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH DI KELAS IV SD NEGERI 5 BANDA ACEH (RAHMI, 2014)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (Drs. Abubakar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy