//

KEANEKARAGAMAN DAN POLA DISTRIBUSI BIVALVIA DIKAWASAN PESISIR LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rika Ramadani - Personal Name
SubjectECOSYSTEMS
BIVALVIA-FISHING AND CULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Keanekaragaman, Pola Distribusi, Bivalvia, Pesisir Lampuyang Penelitian tentang “Pola Distribusi dan Keanekaragaman Bivalvia di Pesisir Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar” telah dilaksanakan sejak April sampai dengan bulan September 2014. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui keanekaragaman Bivalvia di Pesisir Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar, (2) Untuk mengetahui pola distribusi Bivalvia di Pesisir Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar, dan (3) Mendeskripsikan spesies Bivalvia di pesisir Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quadrat sampling (Fachrul, 2007), sedangkan untuk menentukan pengukuran Quadrat sampling dengan teknik transek garis. Data keanekaragaman dianalisis dengan rumus indeks keanekaragaman berdasarkan Shannon-Wiener dan pola distribusi dengan menggunakan rumus indeks Morisita. Hasil penelitian adalah (1) Indeks keanekaragaman Bivalvia (H') pada lokasi penelitian adalah 1,306, (2) Indeks pola distribusi (ID) setiap jenis Bivalvia berkisar antara 1,044 - 2,736, dan (3) Deskripsi spesies Bivalvia menunjukkan perbedaan ciri morfologi pada masing-masing spesies, terutama perbedaan dari bentuk cangkang spesies Bivalvia. Kesimpulan penelitian (1) Keanekaragaman Bivalvia di Kawasan Pesisir Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar adalah sedang, (2) Pola distribusi Bivalvia di Kawasan Pesisir Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar adalah mengelompok, dan (3) Deskripsi spesies Bivalvia menunjukkan perbedaan cirri morfologi pada masing-masing spesies, terutama perbedaan dari bentuk cangkang spesies Bivalvia.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN KELAS GASTROPODA DAN KELAS BIVALVIA DI EKOSISTEM MANGROVE GAMPONG IE MASEN KECAMATAN MUARA TIGA KABUPATEN PIDIE (Ikramullah, 2017)

DESKRIPSI MORFOLOGI DAN POLA DISTRIBUSI SPASIAL DARI FILUM ECHINODERMATA DI PANTAI LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Nurul Mawaddah, 2014)

DESKRIPSI HABITAT PANULIRUS (LOBSTER) DI KAWASAN PANTAI LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Rudi Hermi, 2014)

KARAKTERISTIK HABITAT DAN BIVALVIA YANG DIKONSUMSI DI KABUPATEN BATU BARA PROVINSI SUMATERA UTARA (cut malinda, 2015)

KEANEKARAGAMAN GASTROPODA DAN BIVALVIA BERDASARKAN KARAKTERISTIK SEDIMEN DAERAH INTERTIDAL DI PANTAI UJONG PANCU KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Zia Ulmaula, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy