//

ANALISIS REDUPLIKASI DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABILA RAIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fatmi Zahara - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: bentuk reduplikasi, makna reduplikasi, novel 99 Cahaya di Langit Eropa Penelitian ini berjudul “Analisis Reduplikasi dalam Novel 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabila Rais”. Masalah penelitian ini adalah bentuk reduplikasi apa saja yang terdapat dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabila Rais dan apa saja makna yang dihasilkan dari reduplikasi yang terdapat dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabila Rais. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk reduplikasi dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabila Rais dan mendeskripsikan makna reduplikasi dalam novel 99 Cahaya Di Langit Eropa karya Hanum Salsabila Rais. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah kata-kata yang mengalami reduplikasi yang terdapat dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabila Rais. Data dianalisis menggunakan teknik analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa terdapat empat macam bentuk reduplikasi dan menghasilkan 15 macam makna reduplikasi. Bentuk reduplikasi tersebut meliputi (1) reduplikasi penuh, (2) reduplikasi yang berkombinasi dengan pembubuhan afiks, (3) reduplikasi berubah bunyi, dan (4) reduplikasi sebagian. Makna yang dihasilkan yaitu (1) menyatakan makna banyak, menyatakan makna semua atau seluruh, (2) menyatakan makna banyak dan bermacam-macam, (3) menyatakan makna banyak dengan ukuran satuan yang disebut kata dasarnya, (4) menyatakan makna banyak yang disebut kata dasarnya, (5) menyatakan makna agak atau sedikit bersifat, (6) menyatakan makna menyerupai, (7) menyatakan makna benar-benar atau sungguh-sungguh, (8) menyatakan makna berulangkali atau seringkali, (9) menyatakan makna saling atau berbalasan, (10) menyatakan makna untuk bersantai atau hanya untuk bersenang-senang, (11) menyatakan makna tentang atau hal, (12) menyatakan makna paling atau tidak ada yang melebihi lagi, (13) menyatakan makna dikerjakan asal saja, (14) menyatakan makna intensitas, dan (15) menyatakan makna untuk maksud menegaskan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENCAPAIAN KEBUTUHAN BERTINGKAT TOKOH UTAMA DALAM NOVEL BULAN TERBELA DI LANGIT AMERIKA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA (Municha Umami, 2016)

ANALISIS IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM FILM 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA (Wirdatul Isnani, 2016)

ANALISIS KONFLIK DALAM NOVEL BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS (Nova Maulina, 2019)

PENGARUH FILM 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU SISWI DALAM MENGGUNAKAN HIJAB PADA SISWI SMA LABSCHOOL BANDA ACEH (Ikhwan Nuryadi, 2017)

ANALISIS UNSUR CITRAAN DALAM ANTOLOGI PUISI PERJALANAN LANGIT KARYA L.K. ARA (Sri Noviana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy