//

PEMANFAATAN MUSEUM TSUNAMI ACEH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lenni Muliana - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TSUNAMI MUSEUM
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: pemanfaatan, Museum Tsunami Aceh, sumber belajar, geografi Penelitian yang berjudul “Pemanfaatan Museum Tsunami Aceh sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Geografi Siswa SMA Negeri Kota Banda Aceh” ini mengangkat masalah bagaimanakah pemanfaatan Museum Tsunami Aceh sebagai salah satu sumber belajar mata pelajaran geografi siswa SMA Negeri Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Museum Tsunami Aceh sebagai salah satu sumber belajar mata pelajaran geografi oleh siswa SMA Negeri Kota Banda Aceh. Anggapan dasar dalam penelitian ini yaitu Museum Tsunami Aceh merupakan salah satu sumber belajar mata pelajaran geografi siswa SMA Negeri Kota Banda Aceh. Dalam penelitian ini hipotesis yang diajukan adalah Museum Tsunami Aceh sudah dimanfaatkan sebagai sumber belajar mata pelajaran geografi oleh siswa SMA Negeri Kota Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMA Negeri Kota Banda Aceh kelas XI Ilmu Sosial (IS) Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 880 dengan sampel sebanyak 90 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan angket dan wawancara. Pengolahan data penelitian menggunakan rumus statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden menjawab sangat setuju berjumlah 31,6 persen, menjawab setuju 43,2 persen, kurang setuju 16,3 persen dan yang menjawab tidak setuju 8,1 persen. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah Museum Tsunami Aceh telah dimanfaatkan oleh siswa SMA Negeri Kota Banda Aceh sebesar 74,8 persen. Disarankan kepada Disdikpora Kota Banda Aceh untuk menghimbau agar sekolah-sekolah memanfaatkan Museum Tsunami Aceh sebagai sumber belajar geografi. Kepada pengelola Museum Tsunami agar lebih meningkatkan pelayanan dan pengetahuan dalam menjawab pertanyaan siswa yang berkaitan dengan geografi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MEDIA VISUALISASI 3D MUSEUM TSUNAMI MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER (Rosniah, 2014)

PERANAN MUSEUM TSUNAMI TERHADAP PENDIDIKAN DI KOTA BANDA ACEH (Dedek Riskajani, 2016)

ANALISIS PENILAIAN WISATAWAN BENCANA TERHADAP CITRA PARIWISATA ACEH (SURVEY PADA WISATAWAN MUSEUM TSUNAMI TAHUN 2017) (NUZURA, 2017)

STRATEGI KOMUNIKASI ANTARA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA ACEH DENGAN BADAN GEOLOGI BANDUNG DALAM PENGELOLAAN MUSEUM TSUNAMI ACEH (NURRIA MAULINA, 2014)

PERAMALAN JUMLAH PENGUNJUNG MUSEUM NEGERI ACEH MENGGUNAKAN METODE DEKOMPOSISI (Sukmi Astuti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy