//

KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DI KELAS VIII SMPN 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2014/2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUTHMAINNAH - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open-ended. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open-ended mengarahkan siswa untuk dapat mengapresiasikan pikiran mereka dengan leluasa, sehingga pengetahuan yang diperoleh oleh siswa bermakna. Penelitian yang berjudul “Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended di Kelas VIII SMPN 1 Peukan Bada Aceh Besar Tahun Ajaran 2014/2015” ini mengangkat masalah Apakah melalui pendekatan open-ended siswa mampu memahami konsep matematika pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar tahun ajaran 2014/2015?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa memahami matematika melalui pendekatan open-ended pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Banyaknya kelas yang tersedia di SMP Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar sebanyak enam kelas. Dari enam kelas tersebut terdapat satu kelas unggul yaitu kelas VIII1, maka kelas tersebut tidak termasuk dalam populasi penelitian. Jadi tersisa lima kelas yang menjadi populasi penelitian, yaitu kelas VIII2,VIII3,VIII4,VIII5 dan VIII6. Penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas VIII2 dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa dan wawancara. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α=0,05. Hasil analisis data didapat t_hitung=1,929 dan t_tabel=1,72 , sehingga t_hitung>t_tabel ini berarti H_0 ditolak pada taraf nyata α=0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan open-ended siswa mampu memahami konsep matematika pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 PEUKAN BADA (Nurul Hidayati, 2015)

TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN DAN PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI TIPE SOAL OPEN ENDED DI SMP (Rahmawati, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMP MELALUI MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN MENGGUNAKAN GAME MATEMATIKA ONLINE (Andriani, 2019)

EVALUASI KEMAMPUAN TOLAK PELURU GAYA O’BRIEN STELL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 TANAH JAMBO AYE TAHUN AJARAN 2013/2014 (MARZUKI, 2014)

PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN OE (OPEN ENDED/PROBLEM TERBUKA) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII MTS.N 8 PIDIE (SANTANIA DURA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy