//

BENTUK PENYAJIAN TARI PHO DI GAMPONG UJUNG PADANG KECAMATAN SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FITRI AFRIANI - Personal Name
SubjectDANCING-CUSTOMS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Bentuk Penyajian, Tari Pho Penelitian ini berjudul “Bentuk Penyajian Tari Pho Di Gampong Ujung Padang Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya”. Masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah Bentuk Penyajian dan Makna Gerak Tari Pho yang meliputi bentuk gerak, pola lantai, tata busana, tata rias, pentas, properti dan syair di Tari Pho Di Gampong Ujung Padang Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk penyajian dan Mendeskripsikan makna gerak Tari Pho di Gampong Ujung Padang Kec. Susoh Kab. Aceh Barat Daya. Sumber data dalam penelitian ini adalah tokoh-tokoh masyarakat serta syahi-syahi tertua yang ada di Gampong Ujung Padang Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya serta buku. Pendekatan yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini menggunakan jenis deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi serta meggunakan analisis data. Data diperoleh melalui studi perpustakaan wawancara dengan responden, data dan informasi di himpun juga menggunakan media Photo dan kamera dan dianalisis untuk mendapatkan bentuk penyajian tari Pho di Gampong Ujung Padang Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Hasil menunjukan tari Pho ini mempunyai arti “meratok” atau (ratapan). Tari pho ini mempunyai 8 ragam gerak yaitu, gerak saleum, gerak bineuh, gerak tron tajak mano, gerak jak kutimang, gerak ayon aneuk, gerak peulot manok, gerak bungong rawatu, gerak tum bede. Pola lantai yang digunakan yaitu berbentuk lurus, zikzak, lingkaran dan belah ketupat. Pentas yang digunakan adalah pentas arena yang bisa dilihat oleh penonton dari segala arah. Busana yang digunakan yaitu baju adat Aceh. Tata rias yang digunakan yaitu rias cantik. Musik iringan menggunakan Syair yang bernuansa sejarah, dan islami. Tari pho juga memiliki makna gerak yang terdapat pada setiap geraknya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EKSISTENSI TARI RATEB MEUSEKAT DI GAMPONG MEUDANG ARA BARO KECAMATAN BLANG PIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Badril Ummir, 2018)

BENTUK PELAMINAN SUKU ANEUK JAMEE DI KAMPUNG PINANG KECAMATAN SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (fakhrianur, 2014)

BENTUK PENYAJIAN TARI HASYEM MEULANGKAH DALAM UPACARA MANOE PUCOK PADA ACARA SUNAT RASUL DI DESA SEUNEULOP KECAMATAN MANGGENG ACEH BARAT DAYA (dedi suherman, 2015)

GASTROPODA DI ZONA LITORAL PANTAI TERGANGGU UJUNGRNRNSEURANGGA KECAMATAN SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Sayed Maulana , 2014)

BENTUK PENYAJIAN TARI SAPU TANGAN DISANGGAR MELATI LAE GENTUYUNG KABUPATEN ACEH SINGKIL (Malahayati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy