Search :

Advance


PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA N 8 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Juli Melya Sari - Personal Name
Subyek EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
COOPERATIVE LEARNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: “ pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE)” Skripsi ini berjudul “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe student facilitator and explaining (SFAE) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA N 8 Banda Aceh Tahun Ajaran 2011/2012”. Dengan mengangkat masalah bagaimana pengaruh hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining (SFAE) yang diterapkan kepada siswa di SMA N 8 Banda Aceh dan seberapa besarkah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining (SFAE) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran sejarah di SMA N 8 Banda Aceh. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk untuk memperoleh data tentang perbandingan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining (SFAE) yang diterapkan di SMA N 8 Banda Aceh dan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining (SFAE) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran sejarah di SMA N 8 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode eksperimen (percobaan) dengan cara mengajarkan materi dengan menggunakan metode student facilitator and explaining (SFAE) dan metode konvensional. Untuk pengolahan data, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan statistik yang sesuai yaitu menggunakan rumus korelasi product moment Person dengan taraf signifikan :0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh t = 23,29 dan t = 1,68. Adapun kriteria pengujian hipotesis yang digunakan adalah Terima H jika t > t dan Tolak H jika t < t . Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji-t menunjukkan bahwa t > t (23,29 >1,68) pada taraf signifikan 5% dengan db=58. Dengan demikian Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang erat pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining (SFAE) dalam pembelajaran Sejarah di SMA N 8 Banda Aceh Tahun Ajaran 2011/2012.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Rosnita, 2015)

KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Fajriana, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMAN 12 BANDA ACEH (ZAHRATUN RAHMI, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDA ACEH (, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SEND A PROBLEM (MENGIRIM MASALAH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMAN 1TEUNOM (RINALDI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.