Search :

Advance


ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Amalia - Personal Name
Subyek EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : analisis kesulitan, penyebab kesulitan, operasi hitung pada bilangan pecahan Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Kenyataannya saat ini seringkali siswa tidak dapat menyelesaikan soal-soal matematika secara tuntas, yang disebabkan oleh ketidakmampuan siswa memahami atau mengingat konsep-konsep dasar matematika. Sehingga prestasi siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada kesempatan ini, peneliti ingin mengadakan penelitian dengan judul “Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Hitung pada Bilangan Pecahan Kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VII SMP Inshafuddin dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung pada bilangan pecahan; (2) jenis-jenis kesulitan yang dialami siswa kelas VII SMP Inshafuddin dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung pada bilangan pecahan; (3) penyebab kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VII SMP Inshafuddin dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung pada bilangan pecahan. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Inshafuddin yang berjumlah 25 siswa. Data yang dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Tes dianalisis dengan menggunakan rumus presentase untuk mengetahui presentase jenis kesulitan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siswa kelas VII-B SMP Inshafuddin Banda Aceh mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung pada bilangan pecahan yaitu dari 25 siswa yang diteliti 29,2% siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan konsep, 21,2% siswa mengalami kesulitan menggunakan prinsip, dan 10% siswa mengalami kesulitan verbal. Penyebab kesulitan yang dialami siswa tersebut adalah karena: (1) materi yang sulit dipahami; (2) pemahaman konsep dasar operasi hitung pada bilangan pecahan yang masih rendah; (3) kemampuan siswa yang rendah; (4) kurangnya latihan pengerjaan soal operasi hitung pada bilangan pecahan; dan (5) Kurangnya penghayatan dalam membaca soal.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI MATEMATIKA SEMESTER II KELAS VRNSD NEGERI 8 BANDA ACEH (fajarina, 2015)

KESALAHAN SISWA MEMAHAMI OPERASI BILANGAN PECAHANRNDI KELAS VII MTSN KUTA BARO ACEH BESARRNTAHUN PELAJARAN 2013 (Azizah, 2014)

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IVRN SDN 50 BANDA ACEH (Cut Muri Lastiana, 2014)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN PADA KELAS V SD NEGERI 33 KOTA BANDA ACEH (Intan Mulia, 2014)

DIAGNOSIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Putri Inda Sari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.