//

HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN BOLA BASKET PADA MAHASISWA FKIP PENJASKREK UNSYIAH ANGKATAN 2012 TAHUN AKADEMIK 2014/2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SURYA - Personal Name
SubjectSPORTS
BASKETBALL
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Koordinasi Mata Tangan, Keterampilan Bermian Bola Basket. Penelitian yang berjudul “Hubungan Koordinasi Mata Tangan Dengan Keterampilan Bermain Bola Basket Pada Mahasiswa FKIP Penjaskesrek Unsyiah Angkatan 2012 Tahun Akademik 2014/2015”. Cabang olahraga bola basket merupakan salah satu cabang olahraga prestasi dari berbagai cabang olah raga yang membutuhkan koordinasi mata tangan yang baik. Agar memiliki keterampilan yang baik atlet tersebut dituntut untuk memiliki keadaan fisik yang baik dan juga teknik yang dapat menunjang dalam permainan sehingga permainan dapat dikuasai dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan koordinasi mata tangan dengan keterampilan bermain bola basket pada Mahasiswa FKIP Penjaskesrek Unsyiah Angkatan 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa FKIP Penjaskesrek Unsyiah Angkatan 2012 yang berjumlah 122 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah T.P Bola Basket yang lulus dengan nilai minimal B sebanyak 24 orang. Teknik pengambilan sampel adalahpurposivesampling.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Tes koordinasi mata tangan di ukur dengan tes lempar tangkap bola tenis. (2) tes keterampilan bermain bola basket di ukur dengan passing, dribel, dan shooting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara koordinasi mata tangan dengan keterampilan bermaan bola basket pada Mahasiswa FKIP Penjaskesrek Unsyiah Angkatan 2012(rxy = 0,66). Koordinasi mata tangan memberi sumbangan sebesar 43% terhadap keterampilan bermain bola basket sedangkan nilai thitung= 4,12lebih besar dari t-tabelpada derajat kebebasan 24-2 (dk =22) pada taraf signifikan α = 0,05 adalah sebesar 1,717. Artinya nilai thitung= 4,12> dari nilai ttabel = 1,717. Maka Ho ditolak, artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara koordinasi mata tangan dengan keterampilan bermain bola basket pada Mahasiswa FKIP Penjaskesrek Unsyiah Angkatan 2012 Tahun Akademik 2014/2015.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN SHOOTING PERMAINAN BOLA BASKET MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2013 (Saiful Arzi, 2016)

HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DAN KESEIMBANGAN DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN BOLA BASKET PADA ATLET PORA BENER MERIAH (AMRIZAL, 2019)

HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KEMAMPUAN PASSING BOLA BASKET ARAI BASKETBALL CLUB BANDA ACEH (Afifuddin, 2018)

PERBANDINGAN KETERAMPILAN DASAR BERMAIN BOLA BASKET ANTARA PANGLIMA POLEM BASKETBALL CLUB DENGAN ARAI BASKETBALL CLUB TAHUN 2016 (Randy Tri Handoko, 2017)

KONTRIBUSI KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN MENDRIBEL BOLA BASKET PADA MAHASISWA PENJAKESREK UNSYIAH ANGKATAN 2012 (jumali, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy