//

Penggunaan Media Kartu dalam Pembelajaran Menulis Pantun Di Kelas VII SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nofiani - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
LEARNING
WRITING SKILL - ELEMENTARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : media kartu, pembelajaran menulis pantun Penelitian ini berjudul “Penggunaan Media Kartu dalam Pembelajaran Menulis Pantun di Kelas VII SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat”, mengkaji masalah penggunaan media kartu dalam pembelajaran menulis pantun. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) penggunaan media kartu dalam pembelajaran menulis pantun di kelas VII SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat, (2) Bagaimanakah penggunaan media kartu dalam pembelajaran menulis pantun di kelas VII SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat, (3) Bagaimanakah evaluasi kegiatan pembelajaran dengan penggunaan media kartu dalam pembelajaran menulis pantun di kelas VII SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah membuat RPP untuk pembelajaran menulis pantun dengan media kartu. RPP yang dibuat guru belum seluruhnya sesuai dengan standar pembuatan RPP. Guru tidak membuat indikator pembelajaran dalam RPP. Pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan media kartu berjalan dengan terorganisasi dan telah sesuai dengan RPP yang telah dibuat guru serta dapat membuat siswa menjadi aktif dan antusias dalam proses pembelajaran menulis pantun. Evaluasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan media kartu melipui evaluasi proses dan evaluasi hasil belajar. Evaluasi proses yang dilakukan guru mencakup ketekunan siswa, keberanian, rasa tanggung jawab, rasa hormat dan perhatian, dapat dipercaya, dan kerja individu untuk melaksanakan tugas yang diberikan. Evaluasi hasil belajar diberikan guru dalam bentuk tes yakni berupa soal yang harus dikerjakan secara individu.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE USE OF VIDEO-BASED LEARNING FOR THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT (Riski Agustina, 2014)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAKONGAN TIMUR MENULIS PANTUN (Mardiani, 2013)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SAMPOINIET MENULIS PANTUN DALAM BAHASA ACEH (Maisarah, 2014)

THE USE OF CARICATURE TO TEACH WRITING ABILITY OF DESCRIPTIVE TEXT (AN EXPERIMENTAL STUDY TO SEVENTH GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 1 BANDA ACEH) (PUTRI AYU R. HSB, 2016)

THE USE OF PICTURE MEDIA IN DEVELOPING STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN WRITING SKILL (AN EXPERIMENTAL STUDY AT SMPN 2 KUTA BARO ACEH BESAR) (Maryani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy