//

PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK) PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VIIRNSMP NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RATNAWATI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
PROJECT BASED LEARNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Project Based Learning (PjBL), Ketuntasan Belajar, Himpunan Proses pembelajaran yang berlangsung di SMP Negeri 7 Banda Aceh biasanya dilakukan secara abstrak tanpa adanya implementasi ke dalam dunia nyata. Salah satu materi matematika yang dapat diimplementasikan kedalam kehidupan nyata adalah materi himpunan. Terkait dengan hal tersebut, maka diterapkan suatu model pembelajaran yang bersifat kongkrit, diantaranya yaitu melalui Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek).Melalui PjBl, guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati suatu objek yang berhubungan dengan materi himpunan, sehingga siswa lebih memahami dan mengingat materi tersebut. Penelitian ini mengangkat masalah apakah melalui penerapan model PjBL siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 7 Banda Aceh? ; dankendala apa saja yang dihadapi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model PjBL pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 7 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dan kendala yang dihadapi siswa dengan menggunakan model PjBL padamaterihimpunan di kelas VII SMP Negeri 7 Banda Aceh.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Banda Aceh yang terdiri dari 7 kelas. Sampelnya diambil satu kelas yang dilakukan dengan sampling acak. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, serta menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui kendala yang dihadapi siswa. Untuk mendapatkan data kuantitatif, digunakan instrumen penelitian berupa tes yang berkaitan dengan materi himpunan dalam bentuk soal uraian (esai). Data diperoleh dari lembaran jawaban siswa dan diolah melalui statistik uji – t pada taraf signifikan = 0,05 hingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hasil pengolahan data menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 7 Banda Aceh Tahun Ajaran 2014/2015 belum menguasai materi himpunan. Sedangkan untuk mendapatkan data kualitatif, menggunakan tes wawancara dan observasi lapangan. Berdasarkan wawancara dan observasi lapangan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa kendala yang dihadapi siswa adalah menentukan jadwal yang tepat, serta tanggung jawab dan kekompakan antar anggota kelompok yang masih rendah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK) PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VIIRNSMP NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (RATNAWATI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA (SHIDQI ISKANDAR, 2016)

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI MTSN KUTA BARO (Masykur, 2017)

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN KUBUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 UNGGUL PAGAR AIR (SHELLA NOVILASARI, 2018)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR ( TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA SUBMATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DI SMA NEGERI 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE (Riska Agustina, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy