//

PROSES PEMBELAJARAN TARI RATEB MEUSEUKAT DISANGGAR TICEMPALA KUNENG DESA ALUE GAJAH KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LISA ISMAWATI - Personal Name
SubjectLEARNING
DANCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Proses Pembelajaran Tari Rateb Meuseukat di Sanggar Ticempala Kuneng Desa Alue Gajah Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya”. mengangkat masalah bagaimanakah proses pembelajaran tari Rateb Meuseukat di Sanggar Ticempala Kuneng Desa Alue Gajah Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya dan kendala-kendala dalam proses pembelajaran Tari Rateb Meuseukat di sanggar Ticempala Kuneng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tari Rateb Meuseukat di sanggar Ticempala Kuneng dan kendala-kendala dalam pembelajaran tari Rateb Meuseukat di sanggar Ticempala Kuneng Desa Alue Gajah Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya. Pendekatan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini pelatih dan penari tari Rateb Meuseukat di sanggar Ticempala Kuneng. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan kegiatan yang ada di sanggar Ticempala Kuneng berupa kegiatan proses pembelajaran tari Rateb Meuseukat, setiap kegiatan yang dilakukan merupakan upaya pelatih dalam meningkatkan potensi setiap penari untuk lebih aktif dalam latihan, dan semua proses pembelajaran yang dilakukan di sanggar tersebut dilakukan dengan efektif. Proses pembelajaran yang dilakukan di sanggar hampir sama yang dilakukan di sekolah. Namun sanggar tidak memerlukan silabus maupun RPP, tetapi lebih kepada tujuan pembelajaran. Ada kendala- kendala dalam pembelajaran tari Rateb Meuseukat di sanggar Ticempala Kuneng yaitu langka seorang Syahi dikarenakan melatih seorang syahi lebih susah dibandingkan melatih anggota, untuk menjadi syahi harus ada bakat tersendiri, dengan demikian hingga saat ini sanggar Ticempala Kuneng tidak ada pergantian dari seorang syahi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PENGETAHUAN DAN TINDAKAN MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN MALARIA DI KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA (Fatisa Herlinda, 2014)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TARI RATEB MEUSEUKAT PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 BANDA ACEH (Ristia Ananda, 2018)

EKSISTENSI TARI RATEB MEUSEKAT DI GAMPONG MEUDANG ARA BARO KECAMATAN BLANG PIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Badril Ummir, 2018)

PERANCANGAN PUSAT KEGIATAN REMAJA KAB. NAGAN RAYA RN(NAGAN YOUTH CENTRE) (Agusnimar, 2014)

PENGARUH FUNGSI KEPEMIMPINAN CAMAT TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA (Lisna Jurida, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.