//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LISA RAMADHANI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
THINK PAIR SHARE (TPS)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Perbandingan, Ketuntasan Hasil Belajar. Pembelajaran Kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan kerja sama antar siswa dalam kelompok-kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif mempunyai beberapa tipe, salah satunya adalah tipe Think Pair Share (TPS). Model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah suatu pembelajaran kooperatif yang memberikan lebih banyak waktu untuk siswa berpikir (think) secara individu, kemudian secara berpasangan (pair), dan berbagi (share) dengan seluruh siswa dalam kelas. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi perbandingan dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh pada materi perbandingan melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Adapun metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-shot case study (pre-eksperimen) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penlitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh yaitu sebanyak 5 kelas. Dari populasi tersebut yang menjadi sampel hanya satu kelas yaitu kelas VII-5 sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari tes hasil belajar ditambah dengan data pendukung seperti observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi perbandingan di kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (LISA RAMADHANI, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE CHANGE OF PAIRS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (FAHMI RIJA ARHAS, 2018)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 18 BANDA ACEH (nur maulidawati, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI PARTISIPASI DALAM USAHA PEMBELAAN NEGARA DI KELAS IX SMP NEGERI 2 RANTAU SELAMAT (Jamilah, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA MATERI MENULIS SURAT RESMI DI KELAS VI SD NEGERI 3 TAPAKTUAN (Wilda Aslita, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy