//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MASALAH SOSIAL DI KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JULIANA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), masalah sosial. Penelitian ini berjudul “Penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi masalah sosial dikelas IV SDN 46 Banda Aceh”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi masalah sosial di kelas IV SDN 46 Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi masalah sosial di kelas IV SDN 46 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 46 Banda Aceh tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 24 orang siswa. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 46 Banda Aceh yang berjumlah 24 orang siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan instrumen yaitu : tes hasil belajar yang berbentuk soal choise (pilihan ganda) sebanyak 20 soal. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Setelah data diolah dengan menggunakan rumus persentase, diketahui bahwa dari 24 orang siswa yang mengikuti tes, hanya 3 siswa yang dinyatakan tidak tuntas dalam belajar pada materi masalah sosial, dengan indikator ketuntasan hanya 21 orang siswa yang dinyatakan tuntas dalam belajar. Jika dipersentasekan maka jumlah siswa yang tidak tuntas adalah 12,5%. Sementara 87,5% dinyatakan tuntas dalam menguasai materi masalah sosial. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi masalah sosial dapat mencapai ketuntasan belajar siswa di kelas IV SDN 46 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015)

IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BANDA ACEH (Winda Handayani, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERISTIWA ALAM KELAS V SDN 56 BANDA ACEH (raudha hadi, 2015)

PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASET LEARNING (PBL) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Jumratul Aini, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy