//

PENGARUH LATIHAN OTOT PROGRESIF TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nanda Putri Mawaddah - Personal Name
SubjectHYPERTENSION - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI xiv + 6 Bab + 62 Halaman + 6 Tabel + 1 Skema + 8 Gambar + 11 Lampiran NANDA PUTRI MAWADDAH 1207101027163 PENGARUH LATIHAN OTOT PROGRESIF TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014 ABSTRAK Hipertensi merupakan salah satu permasalahan kardivaskuler kedua yang banyak diderita orang di dunia. Salah satu terapi secara non farmakologinya adalah dengan latihan relaksasi otot progresif yang bertujuan untuk membantu tekanan darah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan otot progresif terhadap tekanan darah pada pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Ulee Kareng Kota Banda Aceh tahun 2014. Desain penelitian ini bersifat quasy eksperimen dengan sampel 10 orang, menggunakan tenik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 23-30 Desember 2014, dengan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, spigmomanometer, dan buku panduan latihan. Pengolahan data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil analisis bivariat didapatkan ada perbedaan tekanan darah sistol sebelum dan sesudah latihan relaksasi otot progresif pada pasien hipertensi (p-value 0,000) ; tekanan darah diastol sebelum dan sesudah latihan relaksasi otot progresif pada pasien hipertensi (p-value 0,000). Hasil penelitian ini, dapat menjadi informasi tentang tekanan darah kepada pasien hipertensi pada saat dilakukannya latihan relaksasi otot progresif selama 7 hari. Kata Kunci : Tekanan darah, hipertensi, relaksasi otot progresif Daftar bacaan : 15 buku, 9 jurnal, 3 sumber online (2001-2013)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH RELAKSASI OTOT PROGRESIF TERHADAP STRES DAN TEKANAN DARAH PADA KLIEN HIPERTENSI DI KOTA LANGSA (Dedi Irawan, 2018)

PENGARUH LATIHAN ISOMETRIK TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE (Tua Parlindungan, 2016)

PENGARUH LATIHAN ISOMETRIK TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE (Tua Parlindungan, 2016)

HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN FUNGSI KOGNITIF (Defira Rosa Amalia, 2014)

HUBUNGAN POLA HIDUP SEHAT DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (iin trisnawati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy