//

PENGARUH PERAWATAN AWAL TERHADAP KUAT TEKAN BETON YANG MENGGUNAKAN BAHAN TAMBAHAN SIKAMENT NN 1%(DENGAN MENGGUNAKAN FAS 0,4)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muammar Devanan - Personal Name
SubjectCONCRETE-BUILDING CONSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik (D3)
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perawatan beton merupakan salah satu sifat beton yang sangat penting, karena selalu menunjukan gambaran kualitas dari beton yaitu kuat tekan berkaitan dengan struktur ikatan beton yang telah mengeras. Dengan melaksanakan perawatan beton yang lebih lama, akan didapat beton yang lebih kuat, lebih padat, lebih awet dan lebih tahan abrasi dibandingkan beton yang dibuat dengan perawatan awal. Pada penelitian ini perawatan yang digunakan yaitu pada lama perawatan 3 hari, 7 hari, 14 hari, 21 hari dan 28 hari; perencanaan campuran beton menggunakan metode ACI (American Concrete Institute). Ukuran maksimal agregat adalah 31,5 mm. Benda uji yang digunakan pada penelitian adalah beton silinder berdiameter 15 cm dan tinggi 30 cm. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh perbandingan peningkatan kuat tekan beton normal terhadap beton yang menggunakan bahan tambahan sikament-NN sebanyak 1%. Pada penelitian ini lama perawatan pengujian kuat tekan adalah 28 hari. Jumlah sampel untuk semua perawatan pada setiap pengujian kuat tekan beton adalah 25 buah benda uji. Hasil penelitian kuat tekan beton normal dengan menggunakan faktor air semen 0,4 dan sikament-NN 1% adalah pada perawatan 3 hari kuat tekan beton normal = 344,1 kg/cm²; sedangkan untuk yang menggunakan Sikament-NN 1% = 451,3 kg/cm²; pada perawatan 7 hari kuat tekan beton normal = 356,5 kg/cm²; untuk yang menggunakan sikament-NN 1% = 489,5 kg/cm²; perawatan 14 hari kuat tekan beton normal = 374,9 kg/cm²; untuk yang menggunakan Sikament-NN 1% = 444,2 kg/cm²; perawatan 21 hari kuat tekan beton normal = 390,5 kg/cm²; untuk yang menggunakan Sikament-NN 1% = 428,2 kg/cm²; dan perawatan 28 hari kuat tekan beton normal = 424,4 kg/cm²; untuk yang menggunakan Sikament-NN 1% = 400,4 kg/cm². Kata kunci : Beton, Perawatan Awal, Sikament-NN dan Kuat Tekan Beton.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PERAWATAN AWAL TERHADAP KUAT TEKAN BETON YANG MENGGUNAKAN BAHAN TAMBAHAN SIKAMENT NN 1,5%(DENGAN MENGGUNAKAN FAS 0,5) (FIRMANSYAH, 2015)

PENGARUH PERAWATAN AWAL TERHADAP KUAT TEKAN BETON YANG MENGGUNAKAN BAHAN TAMBAHAN SIKAMENT NN 1% (DENGAN MENGGUNAKAN FAS 0,5) (AMSAL, 2015)

PENGARUH PERAWATAN AWAL TERHADAP KUAT TEKAN BETON YANG MENGGUNAKAN BAHAN TAMBAHAN SIKAMENT NN 1,5% DENGAN FAS 0,4 (Ziaul Akbar, 2015)

PENGARUH PERAWATAN AWAL TERHADAP KUAT TEKAN BETON DENGAN MENGGUNAKAN FAS 0,5 (juanda, 2014)

PENGARUH PERAWATAN AWAL TERHADAP KUAT TEKAN BETON(DENGAN MENGGUNAKAN FAS 0,4) (m.taufik, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy