Search :

Advance


KEMAMPUAN MELENGKAPI PUISI ANAK BERDASARKAN GAMBAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 37 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farah Nailul Sakdah - Personal Name
Subyek TEACHING METHODS-ELEMENTARY EDUCATION
POETRY-THEORY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul "kemampuan melengkapi puisi anak berdasarkan gambar pada siswa kelas III SD Negeri 37 Banda Aceh". Permasalahan penelitian ini Bagaimanakah kemampuan melengkapi puisi anak berdasarkan gambar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 37 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan melengkapi puisi anak berdasarkan gambar pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 37 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dan jenis penelitian deskriptif, adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 37 Banda Aceh. Dengan jumlah siswa 35 orang siswa, 20 laki-laki dan 15 siswa perempuan. Maka subjek yang diambil adalah seluruh siswa kelas III SD Negegi 37 Banda Aceh dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 24 orang. Data dikumpulkan dengan memberikan post test yaitu puisi yang harus dilengkapi sesuai dengan gambar dan pengolahan data siswa dihitung melalui analisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dan berdasarkan tujuan dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan melengkapi puisi anak berdasarkan gambar padad siswa kelas III SD Negeri 37 Banda Aceh berada pada kategori baik. Dari 35 orang siswa, terdapat 17 orang siswa (48,5%) yang kategorinya baik sekali, 10 orang siswa (28,5%) kemampuannyadi kategori baik, 6 orang siswa (17%) kemampuannya berada di kategori cukup, 2 orang siswa (6%) kemampuannya berada pada kategori kurang, dan tidak ada siswa (0,0) yang berada pada kategori gagal. Hasil penelitian di ketahui nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 76,29 pada kategori baik. Dengan demikian, kemampuan rata-rata siswa kelas III SD Negeri 37 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015 melengkapi puisi anak berdasarkan gambar dari hasil penelitian ini tergolong baik. Agar kemampuan siswa dalam melengkapi puisi menjadi lebih baik, diharapkan kepada guru agar menerapkan metode pembelajaran yang sesuai, yang dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam melengkapi puisi anak berdasarkan gambar. Kata kunci : Kemampuan Melengkapi Puisi dan Gambar

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIARNGAMBAR DAN MELALUI MEMBACA TEKS PROSARNSISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANDA ACEH (Nurul fuaida, 2015)

KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN 14 BANDA ACEH (RIZAYATUL AKMAL, 2015)

KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 12 BANDA ACEH (RISMI WINDAYANI, 2013)

KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 37RNKOTA BANDA ACEH (JUMIATI, 2015)

KEMAMPUAN SISWA KELAS V SD NEGERI 5 JULI KABUPATEN BIREUEN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA GAMBAR (Noer Asiyah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.