//

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MILI ANDRIYANI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
MOTIVATION
LEARNING ACHIEVEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Pengaruh, motivasi belajar, prestasi belajar Penelitian yang berjudul “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas Akselerasi Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fisika di SMAN 3 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas akselerasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran fisika di SMAN 3 Banda Aceh dan apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas akselerasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran fisika di SMAN 3 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa kelas akselerasi terhadap prestasi mata pelajaran fisika di SMAN 3 Banda Aceh dan untuk mengetahui besarnya pengaruh motivasi belajar siswa kelas akselerasi terhadap prestasi mata pelajaran fisika di SMAN 3 Banda Aceh. Adapun yang menjadi hipotesis dalam penelitian ini adalah motivasi memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar dan motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan statistik parametrik melalui teknik analisis uji-r dan uji-t. Hasil pengolahan data didapat rxy = 0,9117 maka dapat disimpulkan rxy > 0, artinya telah terjadi hubungan yang linier positif antara motivasi belajar siswa kelas akselerasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran fisika, dengan kata lain, Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan melalui uji-t diperoleh nilai sebesar 13,11. Dengan dk sebesar 72 kita berkonsultasi dengan tabel Nilai “t”, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Ternyata bahwa pada taraf signifikansi 5%, ttabel atau tt = 1,6669. Kriteria pengujian adalah terima Ha jika thitung > ttabel. Dari penelitian didapat thitung, sebesar 13,11, hal ini menunjukkan dengan jelas bahwa Ho ditolak dan Ha yang diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 3 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMA NEGERI 10 BANDA ACEH (Riska Mulyani, 2014)

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH (Fuzna Rahmi, 2016)

KORELASI PELAKSANAAN AKSELERASI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI MODAL BANGSA (Nora Nafila, 2014)

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA PADA MATA PELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DI SMAN 4 BANDA ACEH (Abdul Arif, 2016)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA KELAS AKSELERASI DENGAN KELAS REGULER DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH (ANA MARIANA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy