//

PENGARUH MATA KULIAH BIDANG STUDI (MKBS) FISIKA TERHADAP NILAI UJIAN KOMPREHENSIF MAHASISWA FISIKA FKIP UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Anna Mashfufah - Personal Name
SubjectEXAMINATIONS (EDUCATIONAL TESTS)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Mata Kuliah Bidang Studi (MKBS), Ujian Komprehensif. Ujian komprehensif wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa fisika sebagai syarat agar dapat mengikuti sidang skripsi. Ujian komprehensif adalah ujian akhir yang bersifat menyeluruh, dimana materi yang diujikan berasal dari mata kuliah kuliah-mata kuliah bidang studi (MKBS) fisika yang telah dipelajari selama berada di bangku perkuliahan yang bertujuan untuk menilai kompetensi mahasiswa. Dari beberapa ujian terakhir yang telah dilakukan jika dilihat dalam bentuk persentase jumlah mahasiswa yang tidak lulus ujian komprehensif ini diatas 55%. Seharusnya, angka persentase ini dapat lebih rendah mengingat mahasiswa telah lulus dari mata kuliah bidang studi (MKBS) fisika yang menjadi materi uji pada ujian komprehensif. Oleh karena itu, penulis mengangkat permasalahan ini untuk diteliti dengan judul “Pengaruh Mata Kuliah Bidang Studi (MKBS) Fisika Terhadap Nilai Ujian Komprehensif Mahasiswa Fisika FKIP Unsyiah”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh Mata kuliah bidang studi (MKBS) Fisika terhadap nilai ujian komprehensif mahasiswa Fisika FKIP Unsyiah?, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Mata kuliah bidang studi (MKBS) Fisika terhadap nilai ujian komprehensif mahasiswa Fisika FKIP Unsyiah. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fisika FKIP Unsyiah. dengan sampel mahasiswa Fisika yang telah mengikuti ujian komprehensif sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Dari hasil analisis data diperoleh besarnya koefisien r = -0,023. Untuk menguji hipotesis digunakan statistik uji-t dan didapatkan harga thitumg = -0.123. Dengan demikian harga thitung -0.123 < ttabel 1.07 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara nilai Mata kuliah bidang studi (MKBS) Fisika terhadap nilai Ujian Komprehensif yang didapatkan mahasiswa Fisika FKIP Unsyiah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI NILAI MATA KULIAH BIDANG PROFESIONAL DAN MATA KULIAH PEDAGOGIK TERHADAP NILAI MATA KULIAH PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Novi Sriutami Ningsih, 2018)

PENGARUH MATA KULIAH PERENCANAAN PENGAJARAN FISIKA TERHADAP MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO PADA MAHASISWA FISIKA SEMESTER GENAP 2016/2017 FKIP UNSYIAH (M. Iqbal Sugita, 2017)

PENGARUH NILAI INDEKS PRESTASI KUMULATIF ( IPK ) TERHADAP NILAI UJIAN KOMPREHENSIF MAHASISWA FISIKA FKIP UNSYIAH (FATHURRAHMI, 2015)

HUBUNGAN DAN PENGARUH NILAI MATA KULIAH PRASYARAT TERHADAP NILAI MATA KULIAH MEKANIKA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Caca Candra Kirana, 2018)

PENGARUH NILAI MATA KULIAH FISIKA MODERN TERHADAP NILAI MATA KULIAH PENDAHULUAN FISIKA INTI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Eviza Nurfadilla, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy