//

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 RNGEUMPANG KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HINDUN - Personal Name
SubjectPRINCIPALS
SCHOOL ADMINISTRATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 GEUMPANG KABUPATEN PIDIE Oleh: Hindun NIM: 1209200050032 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Niswanto, M. Pd. ABSTRAK Kepemimpinan kepala sekolah adalah kemampuan untuk mengembangkan segala sumber daya yang ada pada suatu sekolah sehingga dapat didayagunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam penerpanan manajemen berbasis sekolah, meliputi: (1) Program kepala sekolah; (2) Strategi kepala sekolah; dan (3) Hambatan kepala sekolah. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pengawas, dan guru pada SMA Negeri 1 Geumpang Kabupaten Pidie. Hasil penelitian ditemukan: (1) Program kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah yaitu kurikulum dan pengajaran, tenaga pendidikan, kesiswaan, sarana dan prasarana pendidikan, pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat, serta pelayanan khusus lembaga pendidikan; (2) Strategi kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah yaitu mengelola sumber daya, sumber dana, dan sumber belajar serta mengalokasikannya untuk meningkatkan efesiensi, mutu dan pemerataan pendidikan melalui sosialisasi kepada setiap unsur sekolah; dan (3) Hambatan kepala sekolah dalam manajemen berbasis sekolah, meliputi: Perbedaan pengetahuan dan wawasan guru, Sulit mengatur jumlah jam dalam kurikulum muatan lokal dan pengembangan diri, dan Kurang pedulinya orang tua siswa terhadap keberlangsungan mutu pendidikan. Diharapkan kepada pengawas dan kepala sekolah agar dapat memberikan bimbingan dan dorongan dalam penerapan manajemen berbasis sekolah tentang program kepala sekolah, strategi kepala sekolah dan hambatan yang dihadapinya secara efektif dan efesien untuk meningkatkan kinerja sekolah. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Berbasis Sekolah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SD NEGERI 2 GUNUNG SAMARINDA KABUPATEN ABDYA. (Dewi Julita, 2014)

MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH PADA SMP NEGERI 7 BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (HAMIDAH, 2018)

PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 62 KOTA BANDA ACEH (IHSAN, 2015)

KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 AL MUBARKEYA DAN SMK NEGERI 1 DARUL KAMAL ACEH BESAR (SUCI FAJAR RIZKY, 2019)

PERAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DAN PENGAWAS SEKOLAH MENENGAH DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Bakri, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy