Search :

Advance


HAMBATAN-HAMBATAN YANG DIHADAPI GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SD NEGERI RNGUGUS SIMPANG TIGA ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LINDA ASTUTI - Personal Name
Subyek TEACHERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Hambatan-hambatan guru dalam Pembelajaran IPA di SD Penelitian ini berjudul “Hambatan-hambatan yang Dihadapi Guru dalam Pembelajaran IPA pada SD Negeri Gugus Simpang Tiga Aceh Besar”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi guru dalam pembelajaran IPA pada SD Negeri Gugus Simpang Tiga Aceh Besar”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran IPA pada SD Negeri Gugus Simpang Tiga Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah guru IPA SD Negeri Gugus Simpang Tiga Aceh Besar yang berjumlah 21 orang guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dilakukan dengan teknik membagikan angket dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus presentase. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapatnya hambatan-hambatan yang dihadapi guru adalah guru kadang-kadang mengkaitkan pengalaman siswa dengan materi yang diajarkan, dan guru pun kadang-kadang menuntut siswa untuk melakukan percobaan-percobaan dalam pembelajaran IPA. Hambatan lain yang paling menonjol adalah pada umumnya guru kurang memanfaatkan media yang ada di lingkungan sekolah mencapai (85,7%). Hambatan lain yang dihadapi guru adalah alat peraga KIT yang disediakan di sekolah hanya sebagian yang lengkap, sehingga guru kadang-kadang menggunakan alat peraga KIT, dan guru pun kurang mengerti cara menggunakan alat peraga KIT yang disediakan di sekolah, Hambatan lain yang dihadapi guru adalah guru kurang memahami konsep materi yang diajarkan kepada siswa dalam pembelajaran IPA dan guru mengalami keterbatasan fasilitas belajar dan sumber belajar seperti buku paket IPA yang disediakan di sekolah hanya sebagian yang lengkap, dan guru pun kadang-kadang menggunakan metode yang sesuai pada materi yang diajarkan dalam pembelajaran IPA, sehingga kondisi seperti ini menyebabkan siswa malas belajar dan daya serap siswa terhadap pembelajaran IPA masih sangat kurang sekali. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran IPA pada SD Negeri Gugus Simpang Tiga Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HAMBATAN-HAMBATAN YANG DIHADAPI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SD NEGERI 71 BANDA ACEH (Munira Astrini, 2017)

HAMBATAN GURU DALAM MERUMUSKAN INSTRUMEN EVALUASI RANAH PSIKOMOTOR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (WAHYUNI, 2015)

HAMBATAN-HAMBATAN GURU PPL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI I KUTA BARO ACEH BESAR (khairina, 2014)

SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SD NEGERI SIMPANG TIGA MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA (Marhaban, 2015)

PENGGUNAAN MEDIA AJAR PADA GURU SENI BUDAYA DALAM BIDANG SENI MUSIK DI SMA NEGERI SE KOTA ACEH TENGAH (TRIA AYU DINI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.